Sukses

Makan Bergizi Gratis di Kota Tangerang, Sasar 315.448 Siswa

Program simulasi ini diinisiasi oleh Pendiri JWMovement, Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto bersama Ketua Bidang Ekonomi JW Movement sekaligus Ketua Tim 5 Program MBG, Taviota Bay,

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pelaksanaan Uji Coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan Strategi dan Mitigasi Operasional Program Makan Bergizi Gratis dalam rangka Penguatan Program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.

Program simulasi ini diinisiasi oleh Pendiri JWMovement, Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto bersama Ketua Bidang Ekonomi JW Movement sekaligus Ketua Tim 5 Program MBG, Taviota Bay atau akrab disapa Kang Ovi ini. Untuk hari ini, menyasar 3.125 siswa atau penerima manfaat dari 5 sekolah di Kota Tangerang.

Dengan digelarnya program strategi dan mitigasi operasional MBG tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, menyatakan, Kota Tangerang telah siap menjalankan Uji Coba MBG pada tanggal 5 hingga 9 Agustus mendatang.

"Alhamdulillah program strategi dan mitigasi operasional MBG sebagai simulasi atau persiapan dari uji coba MBG di 5 sekolah sebagai sampel dari seluruh sekolah di Kota Tangerang, hari ini telah berjalan dengan lancar dan sukses. Insha Allah kami Pemkot Tangerang siap melaksanakan uji coba program MBG untuk 33.483 siswa di 36 sekolah di Kota Tangerang,"kata Nurdin, usai meninjau simulasi uji coba di SD Negeri Sukasari 4 Kota Tangerang, Kamis (01/08/2024).

Nurdin juga menambahkan, program MBG gratis tersebut sejalan dengan visi misi Pemkot Tangerang yakni mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang Sehat dan Cerdas.

"Tentunya juga merupakan upaya untuk menyiapkan SDM yang unggul dan berdaya saing melalui kecukupan gizi yang seimbang." ujarnya.

Selain itu, mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut menuturkan, dalam pelaksanaan progam uji coba MBG tersebut Pemkot Tangerang telah melibatkan UMKM lokal sebagai penyedia makanan serta bekerja sama dengan Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan PT Diamond Cold Storage Group, bersama PT Industri Susu Alam Murni (ISAM) Group, yang telah menyumbangkan 10.000 kotak susu ukuran 200ml untuk pemenuhan gizi para siswa.

"Tentunya selain ingin memastikan ketercukupan bagi anak-anak kita, kami juga ingin membantu menggerakkan roda perekonomian dengan keterlibatan dan peran dari UMKM," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mitigasi

Sementara itu, Ketua Tim-5, Kang Ovi menyatakan bahwa tujuan diadakannya simulasi uji coba MBG tersebut bertujuan untuk mematangkan strategi dan mitigasi program unggulan Presiden Terpilih periode 2024-2029 tersebut.

"Terlebih di tanggal 07 Agustus nanti rencananya Presiden terpilih dan/atau Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 juga akan meninjau langsung proses berjalannya uji coba MBG ini." ujar Ovi.

Untuk diketahui, Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih langsung oleh Ketua Tim-5 sebagai lokus untuk pilot project program Uji Coba Makan Bergizi Gratis Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

3 dari 3 halaman

Persiapan

Uji Coba tersebut merupakan persiapan dari pelaksanaan program MBG gratis yang nantinya akan menyasar 315.448 Siswa di 1551 Sekolah se-Kota Tangerang dengan melibatkan 1551 UMKM atau 1 UMKM setiap satu sekolah dan diperkirakan akan menyerap 23.265 pekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.