Sukses

Akibat Dicap Kampung Narkoba, Masyarakat di Wilayah Ini Sulit Cari Kerja

Stigma negatif yang melekat pada beberapa kampung di Jakarta sebagai sarang narkoba memberikan dampak buruk bagi pencari kerja yang tinggal di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Stigma negatif yang melekat pada beberapa kampung di Jakarta sebagai sarang narkoba memberikan dampak buruk bagi pencari kerja yang tinggal di wilayah tersebut.

Hal itu diungkap oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya. Dia mengaku, mendengar keluhan dari beberapa warga yang tinggal di Kampung Ambon, Kampung Boncos, Kampung Bahari dan Kampung Bali.

"Ini harus serentak, kita perang terhadap narkoba karena kasian generasi kita yang dicap, label kepada daerah tersebut kasihan. Karena sempat ada keluhan dari masyarakat, mendaftar bekerja karena dari situ label sudah kampung narkoba di-blacklist, kasihan yang baik-baik," kata Badya dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Badya mengatakan, ia percaya masih banyak masyarakat yang tinggal di wilayah itu mendukung upaya aparat kepolisian dalam memberantas narkoba.

Dan orang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba itu hanya segelintir saja. "Itu hanya oknum saja," ujar dia.

Badya mengharapkan media turut membantu memperbaiki citra buruk yang tersemat di kampung-kampung tersebut. Diharapkan, masyarakat juga berperan aktif menjaga lingkungannya dari bahaya narkoba.

"Tolong bantu media supaya kita, Jakarta khususnya paling tidak mengurangi, Kampung Ambon, Kampung Boncos, Kampung Bahari, Kampung Bali, ini kita gunakan di kampung-kampung agar bebas dari narkoba," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Perhatian Serius

Di sisi lain, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto juga memberi perhatian serius terhadap masalah penyalahgunaan narkoba.

Badya memberikan sinyal, jajaran Polda Metro Jaya akan menggelar operasi senyap untuk menindak bandar-bandar narkoba. Operasi itu, kata dia bakal digelar secara serentak di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Atensi Pak Kapolda Metro Jaya nanti akan ada kegiatan operasi serentak, tapi rahasia di mana, nanti bocor. Jadi atensi kapolda metro jaya salah satu wilayah akan dilakukan represif Karena sudah merasakan," ucap dia.

Sementara itu, Binmas secara masif memberi imbauan bahaya narkoba lewat berbagai saluran di media sosial juga secara langsung melalui tatap muka dengan masyarakat.

"Kami langsung anak sekolah, menggunakan narasumber juga dari BNN, FGD dan sebagainya. Nanti untuk kegiatan represif- nya insyallah akan dilaksanakan secara serentak bekerja sama dengan TNI-Polri," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.