Sukses

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin Raih Liputan6 Award 2024, Persembahkan Penghargaan untuk Nelayan

Rendi Solihin mengatakan, Kutai Kartanegara begitu kaya, bukan hanya sektor minerba, minyak, gas, dan batubara, tapi juga kaya pada sektor perikanan dan hasil laut.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Rendi Solihin meraih penghargaan Tokoh Inspiratif Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan pada ajang Liputan6.com Awards yang diselenggarakan di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu 31 Juli 2024.

Rendi Solihin meraih penghargaan tokoh inspiratif karena sejumlah prestasinya. Pertama, program fasilitasi bantuan mesin dan alat tangkap untuk 25.000 nelayan dan infrastruktur pendukung penangkapan ikan.

Kedua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan alat tangkap ramah lingkungan kepada 400 orang nelayan dan pembudi daya, serta ketiga, kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa bimtek dan pelatihan hingga 7.173 kali.

Rendi mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk jajaran Liputan.com atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Kukar dalam hal sektor perikanan.

"Alhamdulillah apa yang dilakukan selama ini juga diperhatikan kepada Liputan6.com sehingga kami bisa menerima penghargaan ini," kata Rendi.

Dia pun mempersembahkan penghargaan yang diraihnya tersebut untuk seluruh masyarakat nelayan di Kutai Kartanegara yang jumlahnya mencapai 37 ribu orang yang terdiri dari nelayan tangkap sungai, nelayan tangkap laut, nelayan budidaya, dan sebagainya.

"Kutai Kartanegara begitu kaya, bukan hanya sektor minerba, minyak, gas, dan batubara, tapi juga kaya pada sektor perikanan dan hasil laut," ucap dia.

Hal ini, kata dia, karena Kukar memiliki garis pantai sepanjang 1.600 kilometer dan terpanjang di Kalimantan Timur. Selain itu memiliki 29 danau, Sungai Mahakam, ribuan hektare tambak, dan delta Mahakam.

"Sehingga ini jadi motivasi kami untuk terus mengembangkan sektor perikanan di Kutai Kartanegara, karena ini juga merupakan peningkat perekonomian, khususnya perekonomian berkelanjutan untuk keluarga prasejahtera Kutai Kartanegara," tandas Rendi .

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apresiasi Kerja Nyata, Liputan6.com Kembali Gelar Anugerah Perempuan Hebat 2024

Liputan6.com kembali mempersembahkan Anugerah Perempuan Hebat 2024 bagi 8 perempuan terpilih Indonesia dalam 6 kategori dan Anugerah Inspiratif 2024 bagi 12 kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang. Pemberian penghargaan ini dikemas dalam sebuah acara bertajuk Cita & Cipta 2024 yang digelar di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Pemimpin Redaksi Liputan6.com Elin Yunita Kristanti dalam sambutannya mengatakan meski diterpa pandemi Covid-19 bertahun-tahun, anak bangsa tak pernah berhenti mencetak prestasi.

"Bahkan, di tengah semua pembatasan itu, sejumlah tokoh, para profesional, pekerja seni, atlet hingga orang awam, menawarkan gagasan dan tindakan nyata yang bisa jadi solusi bagi permasalahan bersama," ujar Elin.

Mengapresiasi itu semua, lanjut dia, melalui Cita & Cipta 2024, Liputan6.com berusaha untuk menyatukan sejumlah kerja nyata dan gagasan tersebut dalam ajang diskusi dan pemberian penghargaan bagi mereka yang sudah melahirkan karya luar biasa.

"Saya berharap, kegiatan ini akan menjadi ajang tahunan yang mampu merekam gagasan serta kerja nyata yang layak diangkat ke hadapan publik serta bisa menjadi pemantik bagi munculnnya sosok-sosok baru dengan prestasi tak kalah membanggakan," pungkas Elin.

Tahun ini, Anugerah Perempuan Hebat antara lain diraih Prof Erlina Burhan, Guru Besar FK-UI yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 serta ikut membuat pedoman standar internasional untuk perawatan Tuberkulosis.

Sosok lainnya adalah Adipratnia Satwika Asmady, perempuan muda perancang Satelit Satria-1 di Paris, Prancis yang sekaligus memimpin peluncuran satelit tersebut di SpaceX Cape Canaveral Space Launch Complex, Florida, Amerika Serikat tahun lalu.

Kemudian ada Teguh Santika, perempuan penggerak warga seminomadik Suku Batin Sembilan yang ada di perbatasan Jambi dan Sumatera Selatan. Bersama anggota komunitasnya Bi Teguh kerap menyambangi dan merangkul perambah hutan untuk memulihkan kembali hutan yang rusak.

Ada pula sosok perempuan kuat Megawati Hangestri Pertiwi, atlet bola voli putri Indonesia asal Jember, Jawa Timur yang membawa klubnya Jakarta BIN sebagai juara Proliga 2024 sekaligus menyabet gelar Pemain Terbaik. Tahun ini, Megawati juga akan Kembali bermain untuk klub Daejeon CheongKwanJang Red Sparks Korea Selatan.

3 dari 6 halaman

Peraih Anugerah Lainnya

Tiga personel grup musik cadas Voice of Baceprot (VoB), Marsya, Siti dan Widi juga meraih Anugerah Perempuan Hebat berkat kemampuannya bermain musik dan mendapat pengakuan dunia melalui serangkaian tur ke sejumlah negara Eropa seperti Jerman, Prancis, Belanda, Inggris, Belgia dan Swiss.

Terakhir adalah Ropina Tarigan, pendiri Yayasan Vina Smart Era yang sejak tahun 2007 sudah bersentuhan dengan anak-anak pengidap HIV/AIDS. Saat ini Bidan Vina dan keluarga mengasuh 10 orang anak di kediamannya di di kawasan Tambora, Jakarta Barat dan 139 anak dengan HIV/AIDS lainnya di Jabodetabek.

Selain para tokoh tersebut, ada dua peraih Spesial Award Anugerah Perempuan Hebat masing-masing Menteri Ketenagakerjaan Hj. Ida Fauziyah (Pionir Transformasi dan Kemitraan Ketenagakerjaan) dan Ketua Dekranasda Trenggalek Novita Hardini Mochamad (Penggerak Pembangunan Pendidikan Inklusi).

Untuk ajang Anugerah Inspiratif ada 12 pemenang yang berasal dari sejumlah kepala daerah, tokoh dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang.

Seperti Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Bupati Bandung Dadang Supriatna, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara H. Rendi Solihin.

4 dari 6 halaman

Moeldoko Bicara soal Transportasi Ramah Lingkungan

Sebelum penyerahan penghargaan Anugerah Perempuan Hebat dan Anugerah Inspiratif, Cita & Cipta 2024 juga menggelar diskusi yang menghadirkan narasumber lintas generasi dengan bahasan dari berbagai perspektif.

Seperti diskusi "Menangkal Hoaks, Menjaga Keutuhan Informasi di Era Digital" yang menghadirkan Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Slamet Santoso S.H., M.M. dan musisi serta aktivis social Yosi Mokalu sebagai pembicara.

Diskusi ini membahas tentang bahaya hoaks dan dampak negatifnya terhadap masyarakat, mengajak masyarakat untuk aktif dalam memerangi hoaks dan menyebarkan informasi yang benar serta memberikan panduan untuk mengidentifikasi hoaks melalui cek fakta.

Kemudian ada diskusi "Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan, Inovasi Transportasi dengan Energi Terbarukan" yang menampilkan pembicara Kepala Kantor Staf Presiden dan Ketua Periklindo Moeldoko, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, serta influencer otomotif Den Dimas.

Pada diskusi panel ini dibahas pro dan kontra terkait keberlanjutan industri bahan bakar Indonesia dalam transisi penggunaan mobil listrik dan energi terbarukan lainnya seperti hidrogen.

Ajang Anugerah Perempuan Hebat tahun ini merupakan kali yang ke-5, setelah sebelumnya pernah digelar Liputan6.com pada tahun 2016, 2017, 2021 dan 2023.

5 dari 6 halaman

Peraih Anugerah Perempuan Hebat 2024

Peraih Anugerah Perempuan Hebat 2024:

1. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Kesehatan: Prof Erlina Burhan

2. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Kemanusiaan: Ropina Tarigan

3. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Lingkungan: Teguh Santika

4. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Olahraga: Megawati Hangestri Pertiwi

5. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Musik: Voice of Baceprot (VoB)

6. Anugerah Perempuan Hebat Kategori Teknologi: Adipratnia Satwika Asmady

6 dari 6 halaman

Peraih Anugerah Inspiratif 2024

Peraih Anugerah Inspiratif 2024:

1. Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan SDM dan Pendidikan Transformatif: Wali Kota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H.

2. Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan Tradisi dan Pendidikan Agama: Ketua LPTQ Kabupaten Tangerang Drs. H. Moch. Maesyal Rasyid, M.Si.

3. Tokoh Inspiratif Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan: Wakil Bupati Kutai Kartanegara H. Rendi Solihin.

4. Kategori Pengembangan Bakat Generasi Muda Bangsa dalam Bidang Olahraga: AXIS-PT. XL Axiata Tbk.

5. Tokoh Inspiratif Pegiat Transformasi Inklusi Digital Pedesaan dan Pembangunan Insfrastruktur Pariwisata: Bupati Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.IP., M.Si.

6. Tokoh Inspiratif Penggerak Pelestarian Ekosistem Berkelanjutan: Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin, S.E., M.PSDM.

7. Penggerak Inovasi Ekonomi dan Edukasi Digital: Direktur Utama BPD Bali I Nyoman Sudharma, SH., MH.

8. Tokoh Inspiratif Penggerak Transisi Energi: Darmawan Prasodjo, Ph.D.

9. Perusahaan Penggerak Transformasi Sosial dan Ekonomi melalui Pemberdayaan Perempuan: PT Permodalan Nasional Madani.

10. Tokoh Inspiratif Penggerak Kemajuan Infrastruktur Pariwisata dan Inklusi Digital di Pedesaan: Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, S.T.

11. Perusahaan Inspiratif dalam Pengurangan Emisi Karbon: PT PLN.

12. Tokoh Inspiratif Pengembangan Olahraga dan Pariwisata Daerah: Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.