Sukses

Jokowi Gelar Zikir dan Doa Sambut HUT ke-79 RI di Istana Merdeka, Dihadiri 3.163 Peserta

Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin tiba di halaman Istana Merdeka pukul 19.33.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar zikir dan do'a kebangsaan dalam rangka menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (1/8/2024). Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang selalu digelar pada tanggal 1 Agustus.

"Kita masuk ke bulan Agustus, bulan Kemerdekaan diawali dengan zikir dan doa. Ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Agustus," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Kamis (1/8/2024).

Berdasarkan pantauan, Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin tiba di halaman Istana Merdeka pukul 19.33. Jokowi tampak mengenakam kemeja putih, peci hitam, dan sarung bewarna putih.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Total ada 3.163 peserta yang hadir, termasuk para menteri, istri-istri menteri, Majelis Zikir, Ponpes Hubbul Wathon, para tokoh agama, tokoh agama Kalimantan Timur, lembaga dakwah Nahdlatul Ulama, pimpinan ormas Islam, pimpinan pondok pesantren, ulama dan kiai, hingga santri

"Jumlah undangan kurang lebih 3.163 orang," jelas Yusuf.

Sejumlah menteri yang hadiri antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Tampak pula Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Pembuka Peringatan HUT ke-79 RI

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang ulama, pemimpin agama, dan 3.000 jemaah menghadiri zikir dan doa kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (1/8/2024) pukul 19.30 WIB. Acara ini merupakan agenda pembuka peringatan HUT ke-79 RI.

"Rangkaian bulan kemerdekaan pada tahun ini seperti tahun yang lalu akan dibuka dengan zikir dan doa kebangsaan yang diselenggarakan di Istana merdeka nanti petang. Dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama, diikuti oleh para peserta lebih dari 3.000 peserta," jelas Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Dia menyampaikan sejumlah kegiatan tahunan dalam menyambut HUT RI, salah satunya pengukuhan Paskibraka. Berbeda dari tahun sebelumnya, Jokowi akan mengukuhkan Paskibraka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Selanjutnya, upacara penganugerahan Tanda Kehormatan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta. Kemudian, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan serta penyampaian RAPBN dan nota keuangan di Gedung Nusantara MPR-DPR-DPD RI.

Untuk apel kehormatan dan renungan suci, akan diselenggarakan di dua tempat. Wapres Ma'ruf Amin akan memimpin di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, sedangkan Jokowi di Taman Kusuma Bangsa IKN.

"Itu diselenggarakan dini hari pukul 00 tanggal 17 Agustus," ucap Pratikno.

3 dari 3 halaman

Upacara

Jokowi akan memimpin upacara militer HUT ke-79 RI di IKN, sementara Ma'ruf Amin di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Upacara akan dimulai pukul 11.00 WITA atau 10.00 WIB.

"Tata upacara militer itu dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden. Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," tutur dia.

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat, baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka Jakarta. Itu agenda pokoknya," sambung Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.