Sukses

BPIP Perkuat Makna Ideologi Pancasila saat Pembekalan Peserta PPRA LXVII Lemhannas RI

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina menilai, penting untuk mengetahui dan mempelajari makna dan arti dari Ideologi Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina menilai, penting untuk mengetahui dan mempelajari makna dan arti dari Ideologi Pancasila.

Hal itu disampaikan dalam sesi kuliah umumnya yang bertajuk "Ideologi Global dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" bersama 100 orang peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVII Tahun 2024 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Kamis (1/8/2024).

“Para pendiri bangsa melihat Indonesia dengan keberagaman suku, agama, ras, dan etnisnya telah melahirkan Pancasila sebagai ideologi yang teruji karena lahir dari kesepakatan bersama antarkelompok yang beragam,” kata Rima di Ruang Bhinneka Tunggal Ika Lemhannas RI seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (2/8/2024).

Dia menyampaikan, visi negara Indonesia yang yang tertuang daam pembukaan UUD 1945 adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Dasar didirikannya Indonesia merdeka sebagai Philosofische grondslag atau fundamen filsafat serta arti kemerdekaan, yaitu jembatan emas dan di sebrang jembatan emas itu kita akan membangun Indonesia Raya, itulah mengapa visi Indonesia tidak sampai pada kata merdeka, tapi merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” yakin Rima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tugas

Maka dari itu, lanjut Rima, tugas BPIP sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Rima menyampaikan, hal itu diwujudkan, salah satunya melalui Program Paskibraka sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Maka dari itu, dia mengajak para Peserta PPRA LXVII Tahun 2024 Lemhannas RI untuk begotong royong mewujudkan visi indonesia Raya.

“Ayo kita bergotong royong mewujudakan indonesia Raya, coba kita lihat dan maknai Lagu Indonesia Raya 3 stanza, diaitu ada kata, Marilah kita berseru, Indonesia Bersatu, Marilah kita berdoa, Indonesia Bahagia, Marilah kita berjanji, Indonesia Abadi,” Rima menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini