Sukses

Jelang Pilkada, Polda Metro Jaya: Boleh Beda Pendapat tapi Tetap Bersatu Bangun Kampung

Kehadiran kepolisian ditambah kerja sama semua pihak dinilai sangat dibutuhkan dalam menciptakan situasi yang kondusif jelang Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengajak seluruh masyarakat, terutama yang ada di wilayah hukumnya untuk tetap bersatu membangun bangsa walaupun berbeda-beda pilihan politik.

Imbauan ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam rangka jelang menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Boleh berbeda pendapat tapi nanti harus tetap bersatu membangun kampung, membangun desa, membangun kota," kata Ade Ary kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (2/8/2024).

Ade Ary mengatakan, dalam hal ini Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Metro Jaya terus melakukan upaya cooling system mulai dari memberikan imbauan-imbauan hingga edukasi kepada masyarakat.

Kehadiran kepolisian ditambah kerja sama semua pihak dinilai sangat dibutuhkan dalam menciptakan situasi yang kondusif jelang Pilkada 2024.

"Karena situasi aman itu menjadi kebutuhan kita bersama," ucap dia.

Di sisi lain, Ade Ary mengatakan, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto secara rutin melakukan kunjungan ke Pos Kamling serta berdialog untuk mengajak seluruh pihak bekerja sama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Galakkan Program Cooling System

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya kembali menggalakkan program cooling system jelang Pilkada 2024. Hal ini menindaklanjuti program Direktorat Binmas (Dirbinmas).

Nantinya, Polda Metro Jaya bakal menggandeng pelbagai lapisan masyarakat dalam menciptakan suasana aman dan nyaman selama perhelatan Pilkada berlangsung.

"Alhamdulillah sesuai dengan atensi bapak Kapolda Metro Jaya salah satu kegiatan yang Binmas lakukan adalah cooling system seperti kegiatan-kegiatan sebelumnya," kata Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Badya mengintruksikan, jajarannya turut mengunggah semangat warga mengintensifkan kegiatan-kegiatan siskamling.

"Jadi kita menggunakan itu, pencerahan kepada masyarakat. Karena kalau basis komunitas sudah kuat, Insyaallah itu masyarakat ada kepedulian dalam rangka untuk menggairahkan Kamtibmas di lingkungannya," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Rembuk Warga

Lebih lanjut, Badya juga menyinggung rembuk antar warga. Di mana, menjadi wadah untuk menjalin silaturrahmi. Badya mengharapkan, kegiatan ini ditingkatan terutama bagi kelompok usia-usia produktif.

Menurut dia, ini efektif meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak.

"Itu ditingkatkan, berdayakan mahasiswa untuk mengajar mengajar di sekolah, bantu masyarakat untuk peduli terhadap keamanan khususnya jelang Pilkada serentak ini," ujar dia.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini