Sukses

Bus Pariwisata Terguling dan Timpa Rumah di Jalan Alternatif Puncak Bogor, 9 Orang Luka

Bus pariwisata yang terguling itu membawa rombongan keluarga berjumlah 30 orang dari Rawa Belong, Jakarta menuju tempat acara di sebuah vila kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bogor - Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di Jalan Cikopo Selatan, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/7/2024). Sedikitnya sembilan penumpang luka akibat bus terguling hingga menimpa atap rumah warga.

Kecelakaan tunggal terjadi saat bus melintas dari arah Gadog menuju Vila Putih HMA melalui jalan alternatif Puncak, sekitar pukul 05.00 WIB.

Setiba di lokasi tepatnya Kampung Panjang Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Bogor, bus warna hijau kombinasi putih tersebut diduga mengalami kerusakan mesin hingga mengakibatkan kecelakaan.

Bus pariwisata yang dikemudikan oleh Erwin (41) hilang kendali hingga keluar jalur dan menabrak pembatas jalan. Bus dengan nomor polisi DK 7359 AJ akhirnya terguling dan menghantam atap rumah warga.

"Bus itu membawa rombongan keluarga berjumlah 30 orang dari Rawa Belong, Jakarta menuju tempat acara di vila," kata Kapolsek Cisarua, Kompol Eddy Santoso.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan sembilan penumpang mengalami luka-luka. Seluruh korban langsung dievakuasi oleh warga dan dilarikan ke Rumah Sakit Paru Dr M Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua.

"Dari 9 orang, satu penumpang mengalami patah tulang di bahu. 8 orang di antaranya ada yang luka di kepala, bibir, leher dan kaki," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Akibat Bus Rusak

Sementara para penumpang yang selamat diberikan trauma healing oleh personel Polsek Cisarua dan personel Koramil Cisarua Megamendung.

Eddy mengatakan kecelakaan diduga akibat bus pariwisata itu mengalami kerusakan saat melintasi jalur alternatif Puncak.

"Kami telah memeriksa saksi-saksi yang melihat termasuk penumpang bus tersebut," kata dia.

Menurutnya, barang bukti beserta sopir bus juga telah diamankan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.