Sukses

Ahok Singgung Program Makan Siang Gratis: Ini Kampanyenya Top

Ahok berkelakar, akan membuat program tanpa menghitung anggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menyinggung soal program Makan Bergzi Gratis yang sebelumnya bernama Makan Siang Gratis, yang digagas Presiden-Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini diungkapkannya dalam acara Ask Ahok Anything di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (3/8).

“Waktu itu ada isu kan, makan siang gratis. Saya kan di tim sebelah, gue kan merah. Gue bilang, makanya gue bilang, ini masalah loh. Ini kampanyenya top ini,” kata Ahok, Sabtu (3/8).

Menurutnya, program makan siang gratis itu mengalahkan program internet gratis yang sebelumnya digaungkan oleh Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, program itu menjawab keresahan di masyarakat yang masih lebih mengedepankan urusan perut. Sebagai contoh, jika pada satu keluarga yang ekonominya rendah dan ada tiga anak di dalamnya, maka melalui program makan siang gratis, beban orang tua pun berkurang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sindiran

Kemudian, Ahok pun berkelakar, akan membuat program semua keluarga bakal diberikan penghasilan setara dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) mereka.

Ia pun mencontohkan untuk semua keluarga yang berada di Jakarta akan punya penghasilan minimal Rp5 juta setiap bulannya.

Karena hal itu disampaikan pada saat masa kampanye, maka hal itu belum diperhitungkan, terutama terkait anggaran.

3 dari 3 halaman

Bikin Program Enggak Usah Hitung Anggaran

“(Kalau ditanya) sudah hitung belum (anggaran yang dibutuhkan). Gue jawab belum. Gue juga ngomong, yang sana juga belum hitung,” kelakar Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.