Sukses

Cerita Ahok Ketemu Anies 3 Kali Setelah Keluar dari Tahanan

Pertemuan pertama Ahok dan Anies terjadi pada saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan dirinya melakukan komunikasi dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Komunikasi ini disebutnya sebagai sesama warga.

Menanggapi hal itu Ahok pun menceritakan dirinya yang melakukan komunikasi melalui WhatsApp bersama dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Aku gini ya, aku jujur aja nih, aku enggak etis tunjukin kalimat WA-nya ya. Saya ketemu Pak Anies setelah saya keluar dari tahanan cuma 3 kali," kata Ahok di Kota Casablanca, Jakarta, Sabtu (3/8).

Pertemuan pertama terjadi pada saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta. Kemudian yang Kedua, terjadi di salah satu hotel di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Ya tanya basa-basi, gimana kabar, apa gimana anak, gitu. Ya sudah pergi, itu juga buru," ujarnya.

Selanjutnya pertemuan terakhir, terjadi saat mereka menghadiri sebuah acara pernikahan pada pertengahan Juli 2024. Di sana, mereka sempat foto bersama.

Pada pertemuan terakhir itu lah, kemudian Ketua DPP PDIP ini pun dimintai nomor telepon oleh Anies.

"Ketemu pak Anies, foto-foto, terus yuk kita foto-foto. Oh pak Anies nanya, 'Nomor telponnya yang mana nih?'. Terus saya kasih nomor ke pak Anies. Dia catat. Waktu saya pulang, saya terima WA, 'tes, Anies'," jelasnya.

Tak hanya memperkenalkan nomer ke Ahok saja, Anies disebutnya mengajak untuk berkumpul bersama. Namun dirinya mengaku tidak tahu, apakah berkumpul berdua saja atau dengan gubernur Jakarta terdahulu lainnya.

"Ya terus saya bilang, 'Ya terima kasih pak udah (kasih) nomor. 'Kalau ada waktu kita kumpul nih'. 'Iya pak, siap', gitu aja," ucapnya.

"Sampai hari ini enggak ada WA. Tapi kalau Pak Anies sebenarnya hampir enggak pernah kontak saya sih sebetulnya, cuma saya juga enggak tahu, saya kira dia enggak bermaksud mengatakan bahwa ke saya sering ketemu itu sih," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diungkap Anies

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan dirinya melakukan komunikasi dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menurutnya, komunikasi dengan Ahok hanya sesama warga saja dan merupakan hal yang biasa.

"Enggak (ada ajakan). Ngobrol sebagai teman saja, sebagai sama-sama warga. Hal yang biasa kan itu, teman-teman juga komunikasi dengan siapa saja," kata Anies kepada wartawan di Bekasi, Selasa (30/7).

3 dari 3 halaman

Tak Bahas Politik

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini memastikan tidak pernah membahas soal politik dengan Ahok. Sebab, antara Anies dan Ahok itu hanya berbicara soal urusan pribadi.

"Kita enggak pernah membahas urusan-urusan politik. Kita membahasnya tentang pribadi-pribadi kita aja," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan