Sukses

Sambut Hari Pengayoman, Kemenkumham Gelar Pameran Layanan Publik

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pameran layanan publik di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (4/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 atau Hari Pengayoman, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pameran layanan publik di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (4/8/2024). Selain di Jakarta, pameran tersebut juga dilakukan di seluruh Indonesia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa pameran itu digelar guna merespons kebutuhan masyarakat dalam konteks pelayanan publik. Ia pun menyebut, pameran itu akan menjadi starting point bagi Kemenkumham ke depannya.

“Mencermati revolusi industri sekarang, maka sungguh tepat jika kita harus bergerak progresif dan dinamis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik,” katanya.

Yasonna juga mengungkapkan, kualitas layanan publik merupakan hasil perpaduan dari sistem, profesionalitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan standar pelayanan yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, menurutnya, masyarakat mendapatkan kepuasan dan meningkatkan kepercayaan terhadap Kemenkumham.

“Penyelenggaran pelayanan publik Kemenkumham yang kita selenggarakan selama satu hari ini menghadirkan perpaduan berbagai jenis layanan Kemenkumham dalam satu tempat dan satu waktu, yang pada umumnya sulit dilakukan,” ungkapnya.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Andap Budhi menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan di dalam peringatan Hari Pengayoman ke-79 Kemenkumham.

"Terdapat beberapa kegiatan lain yang diagendakan dan dilaksanakan seluruh Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia yakni ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Silaturahim dengan Sesepuh, Bakti Sosial Kemenkumham Peduli, Wisuda Purnabakti, Pemeriksaan Kesehatan, Donor Darah, serta pertandingan olahraga seperti tenis, menembak dan olahraga tradisional," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen untuk Dekat ke Masyarakat

Yasonna menjelaskan, selain memberikan alternatif kemudahan untuk mengakses layanan publik Kemenkumham, pameran ini menjadi ajang bagi jajaran Kemenkumham untuk mempromosikan kemajuan, inovasi, dan prestasi kerjanya, khususnya di bidang pelayanan hukum dan HAM kepada masyarakat.

“Pelayanan publik yang kita selenggarakan pada hari ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, mengampanyekan layanan publik Kemenkumham seluas-luasnya kepada masyarakat,” jelasnya.

Sebagai informasi, ada empat layanan publik yang diselenggarakan dalam event ini, yaitu layanan keimigrasian, layanan Kekayaan Intelektual (KI), layanan Administrasi Hukum Umum (AHU), serta pameran pemasyarakatan.

Dalam layanan keimigrasian, tersedia pembuatan e-paspor yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi (Kanim). Sedangkan, dari layanan Kekayaan Intelektual (KI), tersedia layanan publik dalam merek, paten, hak cipta dan desain industri untuk mendukung perlindungan karya anak bangsa melalui bidang KI.

Sementara itu, pada layanan AHU, terdapat layanan perseroan terbatas, perseroan perorangan, perkumpulan, notariat, kewarganegaraan dan apostille untuk mendukung masyarakat dalam mendapatkan kemudahan berusaha.

Terakhir, juga terdapat Pameran Bangga Produk Warga Binaan Pemasyarakatan yang menampilkan berbagai produk kerajinan bernilai ekonomi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini