Sukses

BPOM Dukung Gaya Hidup Wellness Masyarakat Indonesia dalam Ajang Wellfest 2024

BPOM RI mendukung digelarnya Indonesia Wellness Festival (Wellfest 2024) ditengah banyaknya orang yang sadar pentingnya menjaga kesehatan dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup wellness tengah populer di tengah masyarakat Indonesia. Banyak orang yang sadar pentingnya menjaga kesehatan dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam menyadari tren gaya hidup tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) mendukung digelarnya Indonesia Wellness Festival (Wellfest 2024) di Jakarta mulai Jumat 2 Agustus sampai hari ini, Minggu (4/8/2024) yang diselenggarakan Chemistry sebagai event organizer.

Mengusung unsur natural, beauty, and wellness, Wellfest 2024 juga menjadi tempat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan aktivitas seputar gaya hidup wellness, juga produk-produk yang aman dan bermutu.

Saat pembukaan Wellfest, Jumat 2 Agustus 2024, Pelaksana tugas atau Plt Kepala BPOM RI Rizka Andalusia mengatakan, pertumbuhan produk kosmetik dan obat herbal asli Indonesia kian meningkat.

"Indonesia memiliki banyak sekali produk obat-obatan herbal, suplemen kesehatan, maupun kosmetik yang bisa diproduksi dalam negeri dengan bahan baku lokal," ujar Rizka yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu (4/8/2024).

Menurut dia, hal ini juga dilatarbelakangi kesadaran masyarakat yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan. Rizka menilai, adanya acara-acara yang mempromosikan dan memperluas edukasi soal obat herbal Indonesia seperti Wellfest, dinilai penting untuk menjalin kolaborasi antar-pelaku usaha kosmetik dan kebugaran.

"Kehadiran Wellfest 2024 juga untuk membangun kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk herbal dalam negeri," ucap dia.

"Walaupun kosmetik dalam negeri kita itu punya daya saing, tapi kalau enggak dicintai oleh masyarakatnya sendiri, bagaimana kita bisa menuju pasar global?," sambung Rizka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Peran BPOM RI

Rizka menyampaikan, peran BPOM sangat penting untuk memastikan keamanan, mutu, serta sertifikasi resmi produk sebelum beredar di pasaran.

"Oleh karenanya, kehadiran Wellfest diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan mengedukasi masyarakat terhadap keberadaan produk kosmetik dan obat herbal lokal yang aman, bermutu, dan berdaya saing global," jelas dia.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Chemistry yang merupakan inisiator penyelenggara Wellfest 2024 Fauzy Harmoko menyampaikan tujuan diselenggarakan Festival Wellness terbesar di Indonesia kali ini.

Tujuannya, kata dia adalah ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan yang ditopang oleh kebugaran secara fisik, mental, dan emosional.

"Perspektif sehat yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat bukan hanya sekedar tubuh yang sehat, bugar, dan kulit yang cerah, tapi semuanya harus jadi satu kesatuan. Jadi ada keseimbangan," kata Fauzy.

"inisiasi awal menggagas Wellfest 2024 adalah keseimbangan, badannya harus sehat, kemudian tidak sakit dan pikirannya sehat, bahagia, serta jiwanya sehat," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Sejalan dengan Misi BPOM RI

Menurut Fauzy, dengan dukungan BPOM yang berfungsi sebagai regulator, yang melakukan pengawasan produk obat dan makanan, termasuk obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik yang beredar di Indonesia, maka penyelenggaraan Wellfest sejalan dengan salah satu misi BPOM.

Misi BPOM yakni, kata dia, memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha obat dan makanan dan mendorong para pelaku usaha untuk dapat menghasilkan produk yang aman dan bermutu serta mampu bersaing di pasar global.

"Wellfest 2024 ajang bagi pelaku usaha memperkenalkan produk obat bahan alam, suplemen kesehatan dan kosmetik yang mereka produksi dengan konsumen yang dapat menjadi pasar baru di Indonesia," jelas Fauzy.

Wellfest 2024 merupakan festival wellness terbesar di tanah air yang didukung oleh BPOM dan disponsori oleh Nu Skin, PT Kosmetika Global Indonesia, Etawaku Platinum, Freshmag, Astria by Landson, dan Bank Mandiri.

Lalu ZAP, JUVA by ZAP, dan Erha Ultimate serta pelaku usaha lainnya sebagai tenan booth yang meramaikan Central Park Mall, pada 3 area yakni Laguna Atrium, Laguna Promenade dan Tribeca Park.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.