Sukses

Mentan Amran dan Bamsoet Duduk Bareng, Kompak Dukung Makan Bergizi Gratis: Untuk Sejahterakan Rakyat

Menurut Bamsoet, program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah perintah negara yang memiliki perhatian khusus pada peningkatan kualitas SDM serta kesejahteraan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan dukungan penuh terhadap upaya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam mempersiapkan program makan bergizi gratis melalui penguatan produksi dalam negeri.

Dengan demikian, kata dia, Indonesia tak perlu lagi bergantung pada kebijakan impor karena semua kebutuhannya sudah dipersiapkan secara baik.

"Saya kira Kementerian Pertanian sudah siap terutama untuk mengurangi impor. Dan ini kita berupaya terus mendorong Kementan memperkuat produksi dalam negeri. Saya rasa itu jauh lebih baik," ujar Bamsoet saat menemui Amran di Kantor Pusat Kementan, Selasa (6/8).

Menurut Bamsoet, program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah perintah negara yang memiliki perhatian khusus pada peningkatan kualitas SDM serta kesejahteraan rakyat.

Oleh karena itu, dia mengaku optimistis program tersebut adalah program tepat yang bisa membawa Indonesia jauh lebih kuat dan berkualitas.

"Makan bergizi ini adalah perintah negara untuk mensejahterakan rakyat sekaligus meningkatkan pendidikan dan intelektual masyarakat agar lebih baik dan berkualitas," katanya.

Bamsoet mengatakan, pemenuhan gizi bagi anak-anak bangsa mutlak dilakukan agar Indonesia mampu sejajar dengan negara-negara maju seperti China, Korea dan Jepang. Maka itu, pertanian menjadi sektor penting sekaligus garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan dan asupan.

"Ya mereka (negara maju) memiliki gizi yang baik, asupan kalori yang cukup dari anak-anak sampai ke dewasa. Nah kita harus bisa melaksanakan persiapan ini dari sekarang. Mudah-mudahan dengan program makan bergizi ini dalam kemampuan 5-10 tahun ke depan kita bisa mengejar ketinggalan kemampuan anak-anak kita," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Tepat

Bamsoet menegaskan bahwa apa yang dilakukan Menteri Pertanian saat ini sudah sangat tepat, yaitu meningkatkan produksi dalam negeri untuk menekan impor. Dia berharap, persiapan ini mampu mensukseskan program Presiden terpilih ketika dilantik pada Oktober mendatang.

"Pak Menteri tadi menyampaikan bahwa Kementan sudah mempersiapkan (program makan bergizi gratis) lebih awal sehingga nanti begitu pelantikan Presiden terpilih program ini sudah berjalan," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Transisi

Beberapa waktu sebelumnya, Amran mengatakan Kementan tengah mempersiapkan masa transisi untuk menuju ke pemerintahan berikutnya, termasuk pelaksanaan program makan bergizi gratis.

"Semua komponen untuk pangan bergizi InsyaAllah mudah-mudahan bisa kita penuhi dengan baik termasuk susu. Kita akan lakukan persiapan program bahkan kita sudah memulai, dan nanti kami kawal bersama-sama dengan Pak Wamen," kata Amran 19 Juli lalu.

Amran juga mengatakan ketersediaan pangan dalam negeri mulai dari sayur, ikan, hingga telur telah tercukupi sehingga ke depannya adalah memastikan bagaimana supaya suplai beras Indonesia juga tercukupi dari dalam negeri.

"Harapan kita adalah pangan bergizi, pangan bergizi di situ komponennya adalah sayur itu kita tidak impor, telur kita swasembada, daging ayam kita swasembada, ikan melimpah," jelasnya.

"Beras yang dikatakan impor, moga-moga ke depan dalam waktu singkat swasembada. Jadi dipenuhi dalam negeri," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini