Sukses

Raup Suara Terbanyak di Pileg 2024, Said Abdullah Dinilai Punya Magnet Politik Kuat

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Said Abdullah menjadi politisi yang selalu berhasil mempertahankan kursinya di Senayan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Said Abdullah menjadi politisi yang selalu berhasil mempertahankan kursi di Senayan. Bagaimana tidak? Said Abdullah konsisten lolos menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sejak Pemilu 2004, 2009, 2014, 2019 dan 2024.

Hebatnya lagi, dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu mendapatkan lebih dari setengah juta suara, tepatnya 528.815 suara. Hasil tersebut menjadikan Said Abdullah sebagai caleg DPR RI dengan suara terbanyak di Indonesia.

Pengamat politik sekaligus Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno mengatakan, keberhasilan Said Abdullah mendapatkan suara terbanyak di Pileg patut mendapatkan apresiasi besar. Menurutnya, hal itu diperoleh Said karena konsisten menancapkan akarnya di Madura dan Jawa Timur.

Bahkan, Adi juga tak tanggung-tanggung menyebut bahwa ketokohan Said Abdullah sebagai legislator tak tergantikan oleh figur-figur lain di Madura.

"Ada dua hal terkait keberhasilan Said, pertama, magnet politik Said di Madura tak tergantikan oleh figur lain. Kedua, posisinya sebagai ketua PDI Perjuangan Jatim mampu mengkonsolidasi kekuatan politik pemilih di Pulau Garam," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Penting di PDIP

Adi menilai bahwa sepak terjang Said Abdullah selama empat periode menjadi Anggota DPR RI menjadikan dirinya sebagai tokoh penting di PDI Perjuangan. Ia pun mengatakan, Said Abdullah telah memberikan andil besar dalam menjaga dan meningkatkan perolehan suara PDIP di Jawa Timur, terutama di Madura.

"Pak Said membuktikan bahwa Madura itu merah, madura menjadi kandang banteng," ujarnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini