Sukses

Jelang Akhir Jabatan Jokowi, Luhut: Bapak Jadi Kenangan Hebat Bagi Saya

Luhut punya kenangan tersendiri dengan Jokowi mengenai ekspor nikel. Dia teringat keberanian Jokowi tentang kebijakan ekspor nikel kini membuahkan hasil yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan selamat jalan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan selesai masa jabatannya beberapa bulan lagi. Luhut menganggap kepemimpinan Jokowi adalah kenangan yang hebat.

Hal itu disampaikan Luhut di depan Jokowi saat acara peresmian bahan Anoda Bateri Litium di Kendal, Jawa Tengah, Rabu (7/8/2024).

"Saya kalau boleh mungkin agak sentimentil selamat jalan pak, bapak akan menjadi kenangan yang hebat bagi saya, walaupun masih 2-3 bulan pak presiden," ucap Luhut.

"Tapi saya kira acara penting semacam ini, buat saya secara pribadi sangat menyentuh," sambungnya.

Luhut punya kenangan tersendiri dengan Jokowi mengenai ekspor nikel. Dia teringat keberanian Jokowi tentang kebijakan ekspor nikel kini membuahkan hasil yang signifikan.

"Jadi saya yakin dalam kurun waktu tidak lama, ekspor kita dalam turunan hilirisasi ini akan meningkat secara signifikan," ujar Luhut.

Lebih dari itu, Luhut menyebut tak ada lagi orang yang menganggap enteng Indonesia. Dia menyatakan, RI adalah negara besar yang tak bisa diatur oleh siapapun.

"Lebih dari itu tidak ada lagi orang anggap enteng Indonesia, bahwa Indonesia bisa diatur atur oleh siapa pun, Indonesia ini negara besar, negara yang punya karakter, negara yang bisa katakan iya katakan dan negara yang bisa mengatakan tidak," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Resmikan Pabrik di Kendal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk melakukan kunjungan kerja, Rabu (7/8/2024). Jokowi diagendakan meresmikan pabrik bahan anoda baterai litium di Kendal yang memiliki nilai investasi tahap 1 sebesar USD 478 juta.

Jokowi dan rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB, melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dia dan rombongan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI Utama AD Ahmad Yani, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, sekitar pukul 08.20 WIB. Dari Kota Semarang, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kendal dengan menggunakan mobil.

Advertisement  "Beliau akan ke Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Kendal untuk meresmikan pabrik bahan anoda baterai litium PT Indonesia BTR New Energy Material," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

"Nilai Investasi tahap 1 ini sudah realisasi sebesar 478 juta USD dengan kapasitas produksi bahan anoda baterai 80 ribu ton/tahun," sambungnya.

Untuk diketahui, BTR telah merampungkan pabrik tahap pertama di KEK Kendal dalam waktu 10 bulan dan saat ini menjadi pabrik anoda terbesar di dunia. Setelah tahap I dan II selesai, Indonesia diperkirakan juga akan menjadi produsen bahan anoda baterai litium-ion terbesar kedua di dunia dengan total produksi 160.000 ton.

Usai peresmian, Jokowi akan bertolak kembali menuju Jakarta melalui Pangkalan TNI Utama AD Ahmad Yani, Kota Semarang.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini