Sukses

IKN Bantah Kebut Pembangunan demi Upacara 17 Agustus 2024

Semua dijalankan sesuai standar operasional yang tertuang di dalam kontrak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN), Danis Sumadilaga memastikan tidak ada yang diburu-buru untuk pembangunan IKN.

Semua dijalankan sesuai standar operasional yang tertuang di dalam kontrak. Hal ini dia sampaikan, untuk menepis anggapan pengerjaan IKN dikebut jelang upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 nanti.

“Kami menjalankan sesuai kontrak tidak ada yang terburu-buru tidak ada. Kalau sudah selesai 100% kami nyatakan 100%, kalau belum selesai apa adanya saya sampaikan belum,” tegas Danis dalam acara dialog bersama Menko Polhukam dan Pemimpin Redaksi Media Nasional di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Danis memastikan, dia akan berkata jujur dan apa adanya. Sebagai contoh, jalan tol yang belum rampun sebagai penghugung Balikpapan ke IKN saat ini progresnya masih 80% dan tidak mungkin mencapai 100% untuk tanggal 17 nanti. Namun secara fungsional, penggunaanya sudah bisa dilalui meski hanya satu jalur.

“Jadi dalam rangka 17 Agustus fungsionalisasi kami gunakan satu jalur karena memang secara teknis itu bisa dilalui tapi memang secara teknis belum selesai,” ungkap Danis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bandara

Contoh lainnya, lanjut Danis, adalah soal bandara. Dia memastikan tidak ada yang diburu saat merampugkan bandara bahkan saat 17 Agustus nanti. Bukan bermaksud menyalahkan cuaca, namun faktanya hujan di IKN membuat proyek pembangunan bandara tertunda.

“Mohon maaf karena ada hujan yang salah satu membuat, tidak bermaksud menyalahkan proses pembangunan bandara pun terhambat pada saat bulan lalu hari hujannya itu 22 Hari kami tidak bisa memadatkan (landasan pacu),” tutur dia.

3 dari 3 halaman

Tidak Terburu-buru

“Jadi saya tegaskan, saya sebagai ketua Satgas tidak pernah terburu-buru untuk melaksanakan, semua sesuai kontrak sesuai rencana, sesuai program,” imbuh dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.