Sukses

Top 3 News: Istana Garuda di IKN Dinilai Seperti Kerajaan Siluman Kelelawar, Ini Kata Menteri PUPR

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merespons anggapan di media sosial mengenai Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merespons anggapan di media sosial mengenai Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Itulah top 3 news hari ini.

Pasalnya, netizen menyoroti bangunan yang menyerupai Garuda mengepakkan sayap itu disebut mirip kelelawar lantaran warnanya hitam. Bahkan Istana Garuda dinilai beraura mistis karena menyerupai kerajaan siluman kelelawar.

Basuki menerangkan bangunan Istana Garuda nantinya akan menjadi sesuai desain awal berwarna hijau ketika terkena proses oksidasi. Hal ini sesuai penjelasan dari Nyoman Nuarta selaku desainer Istana Garuda.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memanggil kepala daerah se-Indonesia ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan pada 13 Agustus 2024.

Heru menyampaikan, giat itu akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB yang diperuntukkan bagi bupati dan wali kota.

Menurut Heru, Presiden Jokowi akan menyampaikan sejumlah hal kepada kepala daerah se-Indonesia. Salah satunya mengenai penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait telah terjadi kecelakaan maut merenggut nyawa seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Renti Marningsih pada Sabtu pagi 3 Agustus 2024 di Pekanbaru, Riau. Korban yang juga seorang guru itu ditabrak pelaku Marisa Putri yang menggunakan mobil jenis Toyota Raize.

Kecelakaan terjadi di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Korban saat itu mengendarai sepeda motor lalu ditabrak pelaku dari belakang dengan mobil berkecepatan tinggi dan meninggal dunia di tempat.

Usai menjalani pemeriksaan, Alvin menyebut, Marisa Putri sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mahasiswi 23 tahun itu juga dinyatakan dalam pengaruh narkoba saat berkendara.

Rupanya, sebuah akun media sosial X @jiihan_sw juga mengungkapkan bahwa ibu pelaku Marisa Putri sempat meminta maaf kepada keluarga korban dan menginginkan penyelesaian secara kekeluargaan. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh keluarga besar korban.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 7 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Istana Garuda di IKN Dinilai Seperti Kerajaan Siluman Kelelawar, Ini Kata Menteri PUPR

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merespons anggapan di media sosial mengenai Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Pasalnya, netizen menyoroti bangunan yang menyerupai Garuda mengepakkan sayap itu disebut mirip kelelawar lantaran warnanya hitam. Bahkan Istana Garuda dinilai beraura mistis karena menyerupai kerajaan siluman kelelawar.

Basuki menerangkan bangunan Istana Garuda nantinya akan menjadi sesuai desain awal berwarna hijau ketika terkena proses oksidasi. Hal ini sesuai penjelasan dari Nyoman Nuarta selaku desainer Istana Garuda.

"Kalau menurut Nyoman Nuarta, itu nanti kalau kena oksidasi akan jadi hijau seperti GWK. Itu kan perunggu yang akan dikenai cairan, nanti dia beroksidasi menjadi lebih hijau, menjadi seperti GWK," ujar Basuki Hadimuljono ditemui di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Agustus 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Bakal Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia ke IKN 13 Agustus 2024

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memanggil kepala daerah se-Indonesia ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan pada 13 Agustus 2024.

"Iya, 13 (Agustus 2024) gubernur se-Indonesia dikumpulkan, penjabat (pj) gubernur oleh Pak Presiden," kata Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta, Selasa 6 Agustus 2024.

Heru menyampaikan, giat itu akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB yang diperuntukkan bagi bupati dan wali kota.

"Setelah itu pukul 10.00 WIB dilanjutkan para gubernur," kata Heru.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tujuh Fakta Mahasiswi Pekanbaru Marisa Putri Tabrak Ibu Guru hingga Tewas, Positif Sabu

Terjadi kecelakaan maut merenggut nyawa seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Renti Marningsih pada Sabtu pagi 3 Agustus 2024 di Pekanbaru, Riau.

Korban yang juga seorang guru itu ditabrak pelaku Marisa Putri yang menggunakan mobil jenis Toyota Raize.

Kecelakaan terjadi di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Korban saat itu mengendarai sepeda motor lalu ditabrak pelaku dari belakang dengan mobil berkecepatan tinggi.

"Korban, Renti Marningsih meninggal dunia di lokasi kejadian dengan kondisi luka berat dibagian kepala," ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Alvin Agung Wibawa, Senin, 5 Agustus 2024.

Korban meninggal di lokasi kejadian setelah terseret 50 meter dari posisi awal. Jenazahnya kemudian dibawa ke kamar mayat RSUD Arifin Ahmad, Pekanbaru.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.