Sukses

Istana Atur Pembagian Menteri yang Hadir Upacara HUT RI di IKN dan Istana Merdeka

Nama-nama menteri yang hadir upacara HUT RI di IKN dan Istana Merdeka Jakarta saat ini masih disusun.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana mengatakan tidak semua menteri akan menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 17 Agustus 2024. Nantinya, sebagian menteri akan menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Iya, kami sih dari bawah usulkan (ke Presiden Jokowi) mengusulkan para menteri yang hadir di IKN, yang akan hadir di istana Mereka di Jakarta itu dari pertimbangan praktis di IKN maupun di Istana Merdeka," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Dia menyebut nama-nama menteri yang hadir upacara HUT RI di IKN dan Istana Merdeka Jakarta saat ini masih disusun. Namun, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dipastikan akan hadir upacara di IKN.

"Jadi misalkan Menteri PUPR, Menteri Transportasi (Menhub) di IKN," ujarnya.

Yusuf memastikan pembagian menteri yang hadir upacara di IKN dan halaman Istana Merdeka Jakarta akan diatur dengan baik agar berimbang. Dia meyakini semua menteri menyambut HUT RI dengan sukacita, damai, dan bahagia.

"Kalau ada hal-hal terkait dengan beliau-beliau nanti pasti pembagian menteri ini akan kita atur dengan baik supaya berimbang antara yg hadir di IKN dengan yang hadir di Istana Merdeka," jelas Yusuf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Lokasi

Seperti diketahui, upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Tamu undangan untuk HUT ke-79 RI pun akan dibagi dua.

"Tamu Undangan dibagi dua (IKN dan Jakarta)," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Kamis (8/8/2024).

Dia menyampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan menghadiri upacara HUT ke-79 RI di IKN. Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara di IKN.

Selain itu, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono akan diundang ke IKN. Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto juga akan mengikuti upacara di IKN.

3 dari 3 halaman

Tamu Undangan

Berikut daftar tamu undangan untuk HUT RI di Istana Negara IKN:

1. Presiden dan Ibu Negara

2. Mantan Presiden

3. Presiden terpilih

4. Para Pimpinan Lembaga Negara

5. Para Menteri

6. Panglima TNI

7. Kapolri

8. Tokoh Agama

9. Tokoh Masyarakat

10.Tokoh Budaya

11. Masyarakat umum Sekitar IKN

12. Para Pekerja di IKN

 

Yusuf menuturkan Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri upacara di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Adapun para menteri akan dibagi dua yakni, hadir upacara di IKN dan Istana Merdeka.

Daftar undangan di Istana Merdeka Jakarta:

1. Wakil Presiden

2. Wakil Presiden terpilih

3. Para Menteri

4. Tokoh Masyarakat

5. Tokoh Agama

6. Tokoh Budaya

7. Pejabat TNI Polri ASN

8. Masyarakat Sekitar Istana Merdeka Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini