Sukses

Istana Kirim Undangan HUT RI untuk Mantan Presiden-Wapres, Megawati Hadir?

Yusuf menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan hotel di IKN untuk para mantan presiden. Dia memastikan akan memberikan pelayanan terbaik bagi para mantan presiden yang hadir pada HUT RI di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana mulai mengirimkan undangan HUT ke-79 Kemerdekaan RI untuk mantan presiden dan wakil presiden (wapres). Adapun mantan presiden akan diundang menghadiri HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), sedangkan wapres diundang ke Halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Rencana hari ini, untuk para mantan, baik mantan presiden maupun wakil presiden akan segera dikirim undangannya dan nanti kami juga akan melakukan atau konfirmasi kehadiran beliau sehingga kami dapat mengatur kehadiran beliau beliau sebaik-baiknya," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Undangan HUT ke-79 RI akan dikirimkan ke Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-6 Try Sutrisno, Wapres ke-11 Boediono, dan Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Istana akan melakukan konfirmasi kehadiran para mantan presiden dan wapres.

"Pada prinsipnya mantan presiden itu kami undang di IKN. Sementara mantan wakil presiden kami undang di Istana Merdeka," katanya.

Yusuf menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan hotel di IKN untuk para mantan presiden. Dia memastikan akan memberikan pelayanan terbaik bagi para mantan presiden yang hadir pada HUT RI di IKN.

"Akomodasi dan transportasi di IKN telah kami pertimbangakan. Kami ingin yang terbaik untuk mantan presiden supaya beliau beliau hadir di IKN," jelas Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara di Dua Lokasi

Sebelumnya, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN. Bendera merah putih di halaman Istana Merdeka juga sudah dikibarkan sejak pagi, sebelum upacara tanpa ada prosesi khusus.

"Betul (pengibaran bendera hanya ada di IKN)," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

 

3 dari 3 halaman

Gibran Upacara di Jakarta

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Setya menyampaikan Paskibraka HUT ke-79 RI akan dikukuhkan Jokowi di IKN, sebelum prosesi pengibaran bendera merah putih. Dia menuturkan Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-78 RI akan bertugas melakukan kiran duplikat bendera pusaka dari Monas menuju IKN.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada kirab Duplikat Bendera Pusaka," jelas Setya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.