Sukses

Megawati Sudah Terima Undangan HUT RI di IKN, Pertimbangkan Hadir

Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri telah menerima undangan untuk menghadiri HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) dari pihak Istana.

Liputan6.com, Jakarta Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri telah menerima undangan untuk menghadiri HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) dari pihak Istana.

Undangan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

"Undangan (HUT RI) sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai menteri sekretaris kabinet. Sehingga undangan sudah diterima," kata Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Menurut dia, Megawati masih menimbang-nimbang apakah akan menghadiri HUT RI di IKN. Hasto mengatakan 17 Agustus merupakan momen penting yang menandakan kemerdekaan Indonesia.

"Kemudian ditimbang-timbang, karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang maha penting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," jelasnya.

Hasto belum dapat memastikan Megawati akan menghadiri HUT RI di IKN. Dia menyebut kehadiran Ketua Umum PDIP itu akan melihat situasi kedepan.

"Namanya undangan kan untuk dapat memenuhi undangan, tetapi kita juga melihat situasionalnya karena Ibu Mega saat ini concern terhadap persiapan untuk Paskibraka yang akan dikirim ke IKN, dan semua telah dipersiapkan dengan detail," tutur dia.

"Sehingga tentang kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan, sebagai Presiden kelima, tetapi nanti itu akan disampaikan pada waktu yang tepat," sambung Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baru Diundang

Sebelumnya, Pihak Istana mulai mengirimkan undangan HUT ke-79 Kemerdekaan RI untuk mantan presiden dan wakil presiden (wapres).

Adapun mantan presiden akan diundang menghadiri HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), sedangkan wapres diundang ke Halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Rencana hari ini, untuk para mantan, baik mantan presiden maupun wakil presiden akan segera dikirim undangannya dan nanti kami juga akan melakukan atau konfirmasi kehadiran beliau sehingga kami dapat mengatur kehadiran beliau beliau sebaik-baiknya," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

 

3 dari 3 halaman

Mantan Presiden Diundang

Undangan HUT ke-79 RI akan dikirimkan ke Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres ke-6 Try Sutrisno, Wapres ke-11 Boediono, dan Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Istana akan melakukan konfirmasi kehadiran para mantan presiden dan wapres.

"Pada prinsipnya mantan presiden itu kami undang di IKN. Sementara mantan wakil presiden kami undang di Istana Merdeka," katanya.

Yusuf menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan hotel di IKN untuk para mantan presiden. Dia memastikan akan memberikan pelayanan terbaik bagi para mantan presiden yang hadir pada HUT RI di IKN.

"Akomodasi dan transportasi di IKN telah kami pertimbangakan. Kami ingin yang terbaik untuk mantan presiden supaya beliau beliau hadir di IKN," jelas Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini