Sukses

AHY Beri Dukungan untuk 7 Cagub-Cawagub, Ada Bobby Nasution Hingga Adik Kandung Zulhas

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), telah menyerahkan rekomendasi dukungan kepada tujuh pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkompetisi dalam Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), telah menyerahkan rekomendasi dukungan kepada tujuh pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkompetisi dalam Pilkada 2024.

"Karena kami juga mengundang kandidat cagub cawagub. Ada beberapa yang akan kami serahkan malam ini," kata AHY saat acara di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis malam (8/8/2024).

AHY mengatakan, dari sekian banyak kandidat bakal calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat, banyak yang dari kader internal maupun partai lain sebagai bentuk kerja sama koalisi.

"Tentunya kami berharap bahwa mereka semua bisa langsung menyusun langkah-langkah taktis selanjutnya. Dan menyiapkan diri untuk bisa masuk ke masa kampanye untuk memenangkan pilkada," ujar AHY.

Salah satu yang menarik dari tujuh rekomendasi adalah bakal calon gubernur Provinsi Sumatera Utara Bobby Nasution. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan berduet dengan Surya.

"Memimpin Kota Medan tentu menjadi etalase, dari satu kota dan memimpin. Energi muda bung muda yang Bung Bobby miliki, Partai Demokrat optimis bisa memajukan Sumatera Utara lima tahun ke depan," kata AHY.

Kemudian ada juga mantan Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan yang merupakan adik kandung Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk maju sebagai calon gubernur Bengkulu.

Selanjutnya, ada Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri yang juga diusung sebagai calon gubernur Papua berpasangan dengan wakil dari kader Partai Demokrat Aryoko AF.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bobby Nasution: Mudah-mudahan Semangat Mas AHY Bisa Kami Bawa ke Sumut

Wali Kota Medan Bobby Nasution resmi menerima rekomendasi dari Partai Demokrat untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution mengaku sangat berterimakasih kepada, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atas kepercayaan mendukungnya bersama Calon Wakilnya, Surya.

"Apalagi setelah mendapat rekomendasi dari Demokrat mudah-mudahan semangat Mas AHY bisa kami bawa ke Sumatera Utara," kata Bobby usai mendapat rekomendasi di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis malam.

Bobby mengakui kalau Partai Demokrat telah banyak memberikan kontribusi kepadanya lewat beberapa mentor politik selama menjawab sebagai Wali Kota Medan.

"Karena kami yakin kontribusi Partai Demokrat di Sumatera Utara bukan suatu yang main-main. Mohon izjin Mas AHY di belakang ini sebelumnya banyak senior Demokrat yang menjadi guru saya," kata Bobby.

"Ada yang hadir di pojokan, sebelah sana, banyak memberikan ilmu selama saya menjadi wali kota Medan. Banyak juga masukan senior dari Demokrat yang sangat luar biasa," tambah Bobby.

3 dari 3 halaman

Daftar 7 Pasang Cagub-Cawagub yang Diusung Partai Demokrat

Berikut daftar tujuh kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Demokrat:

1. Bakal Calon Gubernur Kalimantan Utara Yansen Tipa Padan dan Wakilnya Mayor TNI (Purn) Suratno

2. Bakal Calon Gubernur Bengkulu Helmi Hasan dan Wakilnya Hj. Mian

3. Bakal Calon Gubernur Provinsi Papua Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dan Wakilnya Aryoko

4. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dan wakilnya Vasko Ruseimy

5. Bakal Calon Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor dan Wakilnya Hadi Mulyadi

6. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Suhardi Duka (SDK) dan Wakilnya Mayjen Purn. Salim S. Mengga

7. Bakal Calon Gubernur Provinsi Sumatera Utara Bobby Nasution dan Wakilnya Surya

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.