Sukses

Kerjasama LSPR dan Kemenko Perekonomian Sukses Gelar ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024, Dorong Pebisnis Muda

LSPR Business Faculty, LSPR Centre for ASEAN Public Relations Studies (CAPRS), Center for Entrepreneurship (CFE), bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI menjadi tuan rumah The 2nd ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya untuk mendorong lahirnya para pebisnis muda terus dilakukan oleh pemerintah bersama dengan berbagai pihak. Hal itu dilakukan untuk membangkitkan perekonomian di kawasan domestik dan regional dengan motor penggerak wirausahawan muda atau pebisnis muda.

Salah satunya seperti dilakukan oleh LSPR Business Faculty, LSPR Centre for ASEAN Public Relations Studies (CAPRS), Center for Entrepreneurship (CFE), bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI (Kemenko Perekonomian) menjadi tuan rumah ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024 yang ke-2 atau The 2nd ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024.

Acara ini juga bertujuan untuk mengumpulkan pengusaha muda dari seluruh negara ASEAN untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan terutama di wilayah ASEAN.

The 2nd ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024 diselenggarakan pada 5-6 Agustus 2024, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB di Kampus LSPR Sudirman Park, Jakarta.

Acara ini menghadirkan pembicara utama dan diskusi panel dengan topik-topik seperti Bisnis Pariwisata Berkelanjutan, Indsutri Kreatif, Digital dan AI Entrepreneur.

Forum ini diselenggarakan oleh beberapa universitas ternama termasuk Universitas De La Salle, Universiti Teknologi MARA (UiTM), Universitas Kristen Indonesia, Indonesia Banking School, dan Universitas Esa Unggul sebagai Co-host.

Acara 2nd AYEF 2024 ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Binus University, Universitas Indonesia, Universitas Pasundan, Tokyo International University, Triology University, dan Universitas Trisakti.

"Selamat datang di ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024 ke-2. Kami merasa terhormat menjadi tuan rumah acara penting yang mendorong kolaborasi regional dan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda ASEAN," ujar Dekan Fakultas Bisnis LSPR Yuliana Riana Prasetyawati melalui keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Forum Bisnis untuk ASEAN

Kemudian, Wakil Rektor V LSPR Taufan Teguh Akbari mengungkapkan kebanggaannya menjadi tuan rumah The 2nd ASEAN Youth Entrepreneur Forum 2024. Dia menyoroti pentingnya forum ini sebagai platform untuk memicu inovasi dan kolaborasi di antara para pemuda ASEAN.

"Kami merasa terhormat untuk menerima tamu-tamu yang menginspirasi di AYEF 2024. Forum yang luar biasa ini merupakan platform yang memicu inovasi bagi generasi muda di seluruh ASEAN," ucap dia.

"AYEF merupakan ajang untuk berbagi ide, kolaborasi, dan membangun ekosistem kewirausahaan. Ingatlah, Anda adalah pencetusnya; Anda adalah masa depan ASEAN," sambung Taufan Teguh.

Sementara itu, Perwakilan Tetap Filipina untuk ASEAN Hjayceelyn M Quintana menyoroti demografi dan proyeksi pertumbuhan ekonomi ASEAN yang menguntungkan. Dia menekankan pentingnya fokus pada era digital dan ekonomi hijau.

"ASEAN memiliki demografi yang sangat menguntungkan, dengan lebih dari 400 juta penduduk berusia di bawah 35 tahun. Pada tahun 2030, separuh dari populasi ASEAN akan menjadi kelas menengah, dan pertumbuhan ekonomi kita diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dari $1,1 triliun menjadi $2 triliun," terang dia.

"Dengan meluasnya penggunaan blockchain, IoT, AI, dan banyak lagi, kami akan fokus untuk bertransformasi ke era digital. Fokusnya adalah pada pembelajaran aktif dan ekonomi hijau, dengan penekanan pada energi hijau, pertanian cerdas, perubahan iklim, dan mitigasi," tutup Hjayceelyn M Quintana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.