Sukses

Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN Digelar Sabtu Besok Pukul 08.00 WIB

Rute kirab bendera merah putih dan teks proklamasi akan dimulai dari Monas, lalu menuju Bandara Halim Perdanakusuma, tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, dan akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Istana akan menggelar prosesi kirab bendera merah putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Kirab akan dimulai pukul 08.00 WIB.

Nantinya, bendera merah putih dan teks proklamasi akan dibawa ke IKN dengan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Adapun rute kirab dimulai dari Monas, lalu menuju Bandara Halim Perdanakusuma, tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, dan akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

"Kirab bendera merah putih dan teks proklamasi yang akan dilaksanakan mulai dari Monas, Halim dan sampai dengan IKN," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (9/8/2024).

Heru mengajak masyarakat untuk memeriahkan kirab bendera merah putih dan teks proklamasi yang akan digelar Sabtu besok pagi.

"Kami Sekretariat Presiden mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa memeriahkan, mengikuti kirab yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus pukul 08.00 WIB," ucap Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi dan Prabowo Upacara di IKN

Sebelumnya, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN. Bendera merah putih di halaman Istana Merdeka juga sudah dikibarkan sejak pagi, sebelum upacara tanpa ada prosesi khusus.

"Betul (pengibaran bendera hanya ada di IKN)," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN. Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara di IKN. Jokowi nantinya akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

 

3 dari 3 halaman

Ma'ruf dan Gibran Upacara di Jakarta

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Setya menyampaikan Paskibraka HUT ke-79 RI akan dikukuhkan Jokowi di IKN, sebelum prosesi pengibaran bendera merah putih. Dia menuturkan Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-78 RI akan bertugas melakukan kiran duplikat bendera pusaka dari Monas menuju IKN.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada kirab Duplikat Bendera Pusaka," jelas Setya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini