Sukses

Ada Kirab Bendera Pusaka dari Istana-Halim, Simak Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Pagi Ini

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) bakal menerapkan rute pengalihan arus lalu lintas selama gelaran Kirab Bendera Pusaka dari Istana Negara, di Jakarta Pusat sampai Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (10/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) bakal menerapkan rute pengalihan arus lalu lintas selama gelaran Kirab Bendera Pusaka dari Istana Negara, di Jakarta Pusat sampai Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (10/8/2024).

Acara Kirab Bendera Pusaka ini merupakan rangkaian dalam persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang nantinya akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024.

"Mulai kegiatan (Kirab Bendera Pusaka) pukul 07.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Latif Usman saat dikonfirmasi.

Adapun Kirab Bendera Pusaka akan melalui rute dari Jalan Medan Merdeka Barat sisi Timur, Jalan MH Thamrin sisi Timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi Timur sampai dengan Simpang Semanggi.

Kemudian, Jalan Jenderal Gatot Subroto sisi Utara melalui Flyover Kuningan, Jalan MT Haryono sisi Utara sampai Flyover Pancoran, Jalan Cawang, sampai Jalan Halim Perdanakusuma.

Sehingga, demi menjaga kelancaran selama proses Kirab Bendera Pusaka, kepolisian bersama dinas terkait telah mempersiapkan rekayasa lalu lintas secara situasional. Berikut detailnya:

1. Saat rangkaian dan pawai start dari dalam cawan Monas sisi utara, arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju Bundaran Patung Kuda dialihkan, doobrak Kemenhub ditutup.

2. Transjakarta tetap mengalir normal.

3. Saat iring-iringan pawai dan rangkaian bendera tiba di Patung Kuda, arus lalu lintas sepanjang Jalan MH. Thamrin mulai dikurangi.

4. Saat rombongan pawai memasuki cawan barat daya, iring-iringan rangkaian pembawa bendera dan teks Proklamasi, start arus lalu lintas sepanjang Jalan MH Thamrin disterilkan.

5. Ketika rangkaian sampai di Bundaran HI, arus lalu lintas dari Bundaran Patung Kuda sampai Tl. Sarinah dinormalkan.

6. Arus lalu lintas dari Bundaran HI sampai Semanggi disterilkan.

7. Ketika rangkaian sampai di Bandung Sembilan, arus lalu lintas dari arah barat menuju timur ditahan sementara.

8. Ketika rangkaian sampai di depan Hotel Mangkuluhur (Gt. Semanggi 1), arus lalu lintas sepanjang Jalan MH Thamrin dinormalkan.

9. Ketika rangkaian sampai di Layang Ende 3, arus lalu lintas dari arah barat menuju timur dinormalkan.

10. Ketika rangkaian sampai Tl. Halim Baru, arus lalu lintas sepanjang Jalan Gatot Subroto dari arah barat ke timur dinormalkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istana Ajak Masyarakat Meriahkan Kirab Bendera Merah Putih

Kirab Bendera Merah Putih akan diadakan hari ini, Sabtu, 10 Agustus 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 RI yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pihak Istana melalui Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan kirab tersebut. Adapun kirab tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, dari Monas, Halim, sampai Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami sekretariat presiden mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa memeriahkan, mengikuti kirab yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus pukul 08.00 WIB," kata Heru Budi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/8/2024).

"Kirab bendera merah putih dan teks proklamasi yang akan dilaksanakan mulai dari Monas, Halim dan sampai dengan IKN," sambungnya.

Diketahui, upacara Hari Ulang Tahun ke-79 RI akan digelar di Istana Negara IKN Nusantara, Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta. Di dua lokasi ini, sudah ditentukan para pejabat dan tokoh publik yang hadir.

Dalam keterangannya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana, Kamis, 8 Agustus 2024 Presiden Jokowi dan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto akan ikut upacara di IKN.

Sedangkan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Istana Merdeka Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.