Sukses

Hasto Sebut Kader PDIP Minta Megawati Upacara di Sekolah Partai Ketimbang di IKN

Presiden kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri diundang untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri diundang untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Namun, Megawati belum mengonfirmasi kehadirannya. Sebab, ada permintaan dari kader PDI Perjuangan agar Megawati menghadiri upacara di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dia membenarkan Megawati sudah menerima undangan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

"Tapi karena DPP PDI Perjuangan ini juga setiap 17 Agustus mengadakan upacara bendera sendiri, kali ini juga ada permohonan dari kader-kader PDI Perjuangan agar Ibu Megawati juga berkenan untuk hadir di Sekolah Partai, sehingga nanti Ibu Mega lah yang akan memutuskan," kata Hasto di Bogor, Jumat (9/8/2024).

Hasto menerangkan, permohonan supaya Megawati Soekarnoputri hadir pada 17 Agustus 2024 di Sekolah Partai PDI Perjuangan disampaikan pada saat rapat bersama kader-kader PDI Perjuangan di Jakarta.

"Tadi kami rapat dengan teman-teman di Jakarta, mereka mengusulkan Ibu Mega untuk berkenan hadir di Sekolah Partai yang kami persiapkan dengan baik. Ada paduan suara dari Jabar, ada marching band ada satgas, semua sangat lengkap," ucap Hasto.

Pihak panitia, kata Hasto, telah mempersiapkan rangkaian perayaan HUT ke-79 RI dengan istimewa.

"Sesuatu yang berbeda karena tantangannya sangat jelas saat ini. Sehingga partai menggunakan momentum 17 Agustus untuk menggunakan seluruh spirit nasionalisme untuk berjuang seperti Bung Karno ketika melawan hukum kolonial," ucap Hasto.

Sementara itu, Hasto mengungkapkan Megawati sebagai kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah ditugaskan untuk mempersiapkan paskibraka yang akan mengibarkan bendera merah putih di Istana Garuda IKN.

"Jadi semua sudah dipersiapkan dengan baik. Bahkan sampai konsumsinya dipersiapkan dengan detail oleh Ibu Megawati," tegas Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Megawati

Megawati Soekarnoputri mendapat undangan untuk menghadiri HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024. Namun, hingga kini Megawati belum memberikan konfirmasi apakah ia akan hadir dalam perayaan tersebut.

"Saya, ya tanya yang punya," kata Megawati kepada wartawan, Kamis (8/8/2024).

Ia juga meminta agar media tidak memancing pertanyaan terkait HUT RI di IKN. "Kamu jangan mancing-mancing. Kamu mau tanggung jawab kalau saya ngomong sebenarnya? Berani kah kamu bertanggung jawab?" tutur Megawati.

Sebelumnya, pihak Istana telah mengirimkan undangan untuk perayaan HUT ke-79 RI kepada para mantan presiden dan wakil presiden. Mantan presiden diundang untuk menghadiri acara di Ibu Kota Nusantara (IKN), sementara mantan wakil presiden diundang ke Halaman Istana Merdeka di Jakarta.

"Rencana hari ini untuk para mantan, baik mantan presiden maupun wakil presiden akan segera dikirim undangannya dan nanti kami juga akan melakukan atau konfirmasi kehadiran beliau sehingga kami dapat mengatur kehadiran beliau beliau sebaik-baiknya," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.