Sukses

Kirab Tiba di Halim, Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Langsung Diterbangkan ke IKN

Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, IKN, Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta. Namun prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Liputan6.com, Jakarta - Duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi diterbangkan dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Hal ini menyusul upacara militer HUT ke-79 Kemerdekaan RI digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, iring-iringan kirab yang membawa duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi tiba di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pukul 09.27 WIB.

Purna Paskibaraka 2023 yang membawa bendera merah putih dan teks proklamasi pun memasuki pesawat boeing milik TNI AU. Pesawat tersebut akan membawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi menuju Bandara Sepinggan, Kalimantan Timur.

Bendera pusaka dibawa dengan menggunakan baki oleh Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi siap diterbangkan ke IKN melalui Bandara Halim Perdanakusuma setelah melalui iring-iringan kirab dari kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). Prosesi kirab bendera merah putih ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI. (Youtube: Liputan6)

Pesawat lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 09.50 WIB. Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartano juga ikut dalam penerbangan menuju IKN.

Setibanya di Bandara Sepinggan nanti, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN melalui jalur darat.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih ke IKN yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara HUT ke-79 RI Dipusatkan di IKN

Seperti diketahui, Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN. Bendera merah putih di halaman Istana Merdeka juga sudah dikibarkan sejak pagi, sebelum upacara tanpa ada prosesi khusus.

"Betul (pengibaran bendera hanya ada di IKN)," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

 

3 dari 3 halaman

Wapres Ma'ruf dan Gibran Upacara di Jakarta

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Setya menyampaikan Paskibraka HUT ke-79 RI akan dikukuhkan Jokowi di IKN, sebelum prosesi pengibaran bendera merah putih. Dia menuturkan Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-78 RI akan bertugas melakukan kiran duplikat bendera pusaka dari Monas menuju IKN.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada kirab Duplikat Bendera Pusaka," jelas Setya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini