Sukses

Kirab Bendera Merah Putih Usai, Lalu Lintas Kawasan Monas-Halim Kembali Normal

Replika bendera pusaka dan naskah teks proklamasi telah diterbangkan dari Jakarta menuju IKN, Kalimantan Timur melalui Lanud Halim Perdanakusuma. Replika tersebut dibawa oleh iring-iringan kirab bendera merah putih dengan rute Monas-IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat hingga Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur kembali normal setelah prosesi kirab bendera merah putih dan teks proklamasi usai digelar, Sabtu (10/9/2024). 

Jalur tersebut menjadi rute iring-iringan kirab yang membawa replika bendera pusaka merah putih dan naskah teks proklamasi untuk diterbangkan dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Prosesi kirab bendera merah putih ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara HUT ke-79 RI nantinya akan dipusatkan di IKN.

Sebagaimana dikutip dari Antara, arus lalu lintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya di Jalan Medan Merdeka Barat atau silang Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) sudah kembali normal. Kendaraan dari kedua arah sudah dapat melintas di kawasan tersebut.

Petugas kepolisian dan Dishub Jakarta sempat memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut ketika iring-iringan kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi melintas sejak Sabtu pagi.

Saat rombongan iring-iringan kirab melintas, masyarakat juga tampak antusias menyaksikannya di tepi jalan. Mereka juga kompak mengenakan pakaian merah putih dan membawa berbagai atribut khas perayaan HUT RI, termasuk bendera merah putih.

Namun, setelah rombongan kirab bendera merah putih melintas, masyarakat langsung membubarkan diri sehingga jalan-jalan di kawasan tersebut kembali dibuka oleh petugas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langsung Diterbangkan ke IKN

Duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi langsung diterbangkan dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Hal ini menyusul upacara militer HUT ke-79 Kemerdekaan RI digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, iring-iringan kirab yang membawa duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi tiba di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pukul 09.27 WIB.

Purna Paskibaraka 2023 yang membawa bendera merah putih dan teks proklamasi pun memasuki pesawat boeing milik TNI AU. Pesawat tersebut akan membawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi menuju Bandara Sepinggan, Kalimantan Timur.

Bendera pusaka dibawa dengan menggunakan baki oleh Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

 

3 dari 3 halaman

Disimpan di Istana IKN

Pesawat lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 09.50 WIB. Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartano juga ikut dalam penerbangan menuju IKN.

Setibanya di Bandara Sepinggan nanti, replika bendera merah putih dan naskah teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN melalui jalur darat. 

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih ke IKN yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini