Sukses

HKAN, PDIP Dorong Pemerintah Berpihak pada Penanganan Sampah

Isu penanganan sampah menjadi hal krusial yang apabila tidak tidak dikelola dengan baik akan berkontribusi pada emisi gas kaca, mengancam keanekaragaman hayati, hingga mengganggu kesehatan manusia

Liputan6.com, Jakarta Isu penanganan sampah menjadi hal krusial yang apabila tidak tidak dikelola dengan baik akan berkontribusi pada emisi gas kaca, mengancam keanekaragaman hayati, hingga mengganggu kesehatan manusia.

Gerakan penanganan sampah harus dimulai dari masyarakat, dimulai dari rumah atau di mana pun berada.

Ide itu diembuskan dalam seminar dengan tema 'Hari Konservasi Alam Nasional 2024: Gerakan Operasi Bersih, Gaya Hidup Berkelanjutan', yang digelar DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2024).

Anggota DPR RI Komisi IV Vita Ervina mengatakan, PDIP mengajak semua pihak untuk menjaga lingkungan.

Di sisi lain, kata Vita, dirinya dan teman-teman di parlemen juga mengawasi bagaimana proses pengelolaan sampah ini bisa benar-benar masuk ke dalam penyelesaian sampai tingkat masyarakat.

"Memang sampai dengan saat ini kita melihat bahwa keberpihakan anggaran terkait dengan sampah masih sangat dirasa sangat kurang. Kami berharap tentu dari DPR bisa juga ikut bareng-bareng kita mendorong pemerintah agar menyiapkan anggaran yang baik, yang banyak juga semakin ditingkatkan, agar bisa menyelesaikan persoalan pengelolaan sampah ini sampai tingkat dasar masyarakat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Kesadaran Masyarakat

Vita juga sepakat dengan gerakan memilah sampah dari rumah yang digaungkan Umi Asmawi. Dia berharap orang-orang yang peduli lingkungan bisa mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang lingkungan.

"Kami berharap juga dari industri sebagai produsen kemasan juga diterus ditingkatkan, tanggung jawab sosialnya untuk bisa mengawal bagaimana kemasan-kemasan yang dihasilkan, plastik," kata Vita.

Acara yang digelar di Sekolah Partai PDIP, ini turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Bendaraha Umum PDIP Yuke Yurike. Selain itu jajaran DPP lainnya yakni M.Y. Esti Wijayanti, Sri Rahayu, kemudian Rokhmin Dahuri. Turut dihadiri juga perwakilan mahasiswa dan anak muda, juga seluruh kader PDIP baik luring maupun secara daring. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga turut menyaksikan melalui daring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini