Sukses

Kolaborasi Masjid Istiqlal dan Le Minerale Diapresiasi Wasekjen MUI, Upaya Dukung Produk Asli Milik Indonesia

Peresmian kolaborasi ini disepakati oleh kedua belah pihak dalam penandatanganan nota kesepahaman (MOU) yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Mendukung produk lokal asli milik Indonesia menjadi hal yang penting untuk mendorong kemajuan bangsa. Apalagi, banyak produk lokal yang menunjukkan kualitasnya dapat bersaing dengan merek luar. Dukungan terhadap produk lokal pun ditunjukkan oleh Masjid Istiqlal yang secara resmi menggandeng Le Minerale untuk mendukung kemajuan produk asli milik Indonesia. Peresmian kolaborasi ini disepakati oleh kedua belah pihak dalam penandatanganan nota kesepahaman (MOU) yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta. 

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Arif Fahrudin mengatakan, “Le Minerale adalah produk anak negeri. Sudah cocok Masjid Istiqlal bekerjasama dengan Le Minerale yang merupakan produk dalam negeri.” 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Istiqlal Berperan Sebagai Wadah Kebangsaan

Sebagai salah satu masjid ikonik di tanah air, Istiqlal tak hanya berperan sebagai panutan umat Islam dalam urusan agama saja. Tapi, masjid ini juga memiliki peran sebagai wadah kebangsaan. Kerja sama yang dijalin ini pun sebagai bentuk dukungan untuk mencintai produk Indonesia, termasuk kemajuan produk asli milik Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Arif mengungkapkan agar Indonesia jangan tergantung dengan produk asing yang mencederai nilai-nilai kemanusiaan, kemerdekaan, dan kebebasan. 

Sebagai informasi, baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Fatwa Fatwa MUI No 14/Ijtima' Ulama/VIII/2024 tentang 'Prioritas Penggunaan Produk Dalam Negeri' yang menghimbau masyarakat Indonesia untuk memilih produk milik Indonesia untuk mendukung kemandirian dan kemajuan Indonesia.

“Kalau kata Bung Karno, Indonesia harus berdikari secara ekonomi politik dan budaya. Berdasarkan amanat undang-undang 1945 dan konstitusi Indonesia bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa oleh karena itu segala penjajahan di atas dunia harus dihapuskan maka kemandirian ekonomi harus sejalan dengan amanat konstitusi Indonesia. Produk nasional jadi jelas tidak mendukung penjajahan dan tidak mendukung pihak-pihak yang melegitimasi penjajahan dan agresi di muka bumi ini,” jelas Arif.

Di kesempatan yang sama, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A. mengungkapkan, “Kita kan dianjurkan, mari kita mencintai Indonesia, mari mencintai produk dalam negeri, mari kita mencintai karya-karya penuh dari orang Indonesia.”

Kontribusi Le Minerale yang Berdampak Positif

Kolaborasi Masjid Istiqlal dalam menggandeng Le Minerale memberikan kontribusi yang berdampak positif. Selain memberangkatkan umroh marbot Istiqlal dan beasiswa bagi anak-anak marbot Istiqlal, Le Minerale juga akan melakukan peremajaan pusat kuliner Istiqlal, Jumat Berkah yang merupakan pembagian makan siang gratis bagi mereka yang membutuhkan di lingkungan Istiqlal dan Ramadhan Festival, acara kajian, bazaar dan kuliner untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan.

“Tentu kita wajib berterima kasih pada semua pihak yang mau bekerjasama dengan Istiqlal, khususnya untuk Le Minerale. Bukan hanya satu orang yang diumrahkan tapi ternyata jumlahnya banyak. Ini supaya menjadi perhatian kita semuanya. Mari kita gerakan positifnya Istiqlal,” tutup Nasaruddin.

Diharapkan, inisiatif tersebut menjadi contoh positif bagi masyarakat dan masjid lainnya untuk menebarkan kebaikan yang bisa bermanfaat bagi Istiqlal dan Indonesia. 

Kehadiran Selebriti dan Atlet yang Menginspirasi

Acara ini juga dihadiri oleh Atlet Bulutangkis Indonesia Mohammad Ahsan dan aktor Dude Herlino. “Saya memilih Le Minerale karena yakin kalau Le Minerale merupakan air mineral asli milik Indonesia,” kata Ahsan. Dude menambahkan, kalau dirinya selama ini juga sudah bekerja sama dengan Mayora dalam waktu yang lama dan yakin kalau Mayora adalah perusahaan Indonesia yang sahamnya dimiliki mayoritas oleh warga Indonesia dan kebaikannya banyak diterima oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mereka berdua kompak mengapresiasi kolaborasi sebagai bentuk dukungan terhadap produk asli milik Indonesia.

Sebagai perusahaan asli milik Indonesia, Le Minerale melakukan berbagai upata memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa secara berkesinambungan. Terlebih dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

Dalam momen tersebut, Marketing Director Le Minerale, Febri Satria Hutama menyampaikan, “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Masjid Istiqlal. Sebagai produk asli milik Indonesia, Le Minerale merasa sangat terhormat dipilih untuk menjadi air mineral resmi yang akan ada di setiap kegiatan masjid Istiqlal, yang merupakan masjid negara, ikon, dan kebanggaan umat muslim Indonesia.”

Le Minerale menyatakan komitmennya menjalankan bisnis sesuai dengan nilai Pancasila dan kebangsaan, serta berusaha menginspirasi generasi Indonesia untuk memiliki nilai dan norma kebangsaan yang kuat. 

“Nah, ini tentunya sejalan dengan prinsip kami, nilai-nilai yang kami junjung di Le Minerale sebagai perusahaan asli milik Indonesia. Tentunya kami ingin memajukan masyarakat Indonesia dan juga lingkungan yang ada di sekitar kita,” tutup Febri.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini