Sukses

PDIP: Calon Kepala Daerah yang Diusung Harus Miliki Komitmen Terhadap Lingkungan

Cakada PDIP wajib peduli lingkungan sesuai Dasa Prasetya PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan menunjukkan komitmennya menjaga kelestarian lingkungan. Buktinya, PDI mewajibkan pasangan calon kepala daerah yang diusung memasukkan isu lingkungan ke dalam visi misi.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup M.Y Esti Wijayati kepada wartawan usai menggelar perayaan Hari Konservasi Alam Alam Nasional serta dialog dengan para pemulung dan petugas kebersihan di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2024).

"Otomatis kita akan minta seluruh kelas daerah yang dicalonkan dari PDIP harus memiliki komitmen yang jelas terkait dengan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah. Jadi ini otomatis," kata dia.

Dia menegaskan cakada PDIP wajib peduli lingkungan sesuai Dasa Prasetya PDIP. Dalam Dasa Prasetiya PDI Perjuangan, poin ketujuh menyebut "Melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta menerapkan aturan tata ruang secara konsisten".

"Apa yang saya sampaikan tadi ada di Dasa Prasetya partai. Juga ada di program perjuangan partai hasil Kongres PDIP," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen

Esti menjamin program pelestarian lingkungan akan masuk dalam visi misi Cakada yang diusung PDIP. Ia menegaskan PDIP berkomitmen dalam penanganan sampah dan pengelolaan lingkungan.

"Jadi ini otomatis. Dan masuk di dalam visi misi calon kepala daerah dari PDIP. Saya kira ini komitmen besar dari PDIP salah satunya adalah soal pengelolaan sampah," ujar Esti.

3 dari 3 halaman

Hari Konservasi Alam Nasional

Diketahui, hari ini, DPP PDIP menggelar perayaan Hari Konservasi Alam Nasional yang dihadiri oleh ratusan pemulung atau pemungut sampah di lingkungan Jakarta.

Sebelumnya juga diadakan seminar dengan judul 'Hari Konservasi Alam Nasional 2024: Gerakan Operasi Bersih, Gaya Hidup Berkelanjutan'. Di mana dihadiri Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Bendahara Umum PDIP Yuke Yurike. Selain itu ada Sri Rahayu, kemudian Rokhmin Dahuri. Turut dihadiri juga perwakilan mahasiswa dan anak muda, juga seluruh kader PDIP baik luring maupun secara daring.

Ketua Umum DPP PDIP Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri juga turut menyaksikan dan hadir secara daring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini