Sukses

Menteri Basuki Tinjau Kesiapan Infrastruktur Jelang Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Menteri PUPR Basuki meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjelang penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI,

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjelang penyelenggaraan upacara HUT ke-79 RI, pada 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN.

Salah satu infrastruktur yang ditinjau Basuki, adalah Embung MBH di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Ini embung MBH di kawasan IKN. Satu dari 30 embung yang kita siapkan. Ini untuk konservasi air, jadi air-air yang run off (jatuh ke bumi) kita simpan semua di embung ini," kata Basuki, Minggu (11/8/2024).

Basuki mengatakan embung dengan luas 7-8 hektare dapat menampung kapasitas air sebanyak 66.000 meter kubik.

"Ini sudah selesai. Jadi salah satu amenities (fasilitas pendukung) Kota IKN kita ini," ujar Basuki.

Menurutnya, embung merupakan salah satu konsep keberlanjutan lingkungan dalam pembangunan IKN.

"Saya lagi tanami lagi ini. Yang tadinya hanya (pohon) eukaliptus, sudah kami sisipi tanaman hutan tropis. Nanti di sini ada 7 konsorsium universitas yang akan melakukan reforestasi IKN," kata dia.

Konsorsium universitas itu beberapa di antaranya Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Mulawarman, hingga Universitas Brawijaya.

Saat ini pembangunan embung sudah siap, tinggal menyelesaikan penghijauan lanskap, agar tidak ada tanah terbuka di kawasan embung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bendera Merah Putih HUT RI Sudah Tiba di IKN

Duplikat bendera merah putih dan naskah teks proklamasi yang dibawa dari Monas Jakarta sudah tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Bendera merah putih dan teks proklamasi itu dibawa ke Kalimantan Timur dengan menggunakan pesawat Boeing milik TNI AU.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, kirab bendera pusaka dan teks proklamasi tiba di Istana Negara IKN pukul 14.30 WIB atau 15.30 WITA. Kedatangan mereka disambut pasukan jajar yang terdiri dari, 38 anggota Paskibraka 2023 dan enam Paspampres.

Selanjutnya, Purna Paskibraka menyerahkan bendera merah putih dan teks proklamasi yang dibawa dari Monas Jakarta kepada Ajudan Wakil Presiden. Lalu, bendera diserahkan kepada Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Bendera merah putih dan teks proklamasi disimpan di ruang bendera yang ada di Istana Negara IKN. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

3 dari 3 halaman

Kirab dari Monas

Sebelumnya, Bendera merah putih dan teks proklamasi menjalani prosesi kirab dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Momen ini menjadi sejarah sebab kali pertamanya duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi dibawa keluar Jakarta menuju IKN.

"Betul, baru pertama kali bendera duplikat dan teks proklamasi dibawa keluar Jakarta ke ibu kota baru, ke IKN," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kawasan Monas Jakarta, Sabtu (10/8/2024).

Dia mengatakan prosesi kirab ini merupakan rangkain HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Yusuf mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama mensukseskan kirab bendera merah putih serta teks proklamasi.

"Karena ini merupakan sejarah kali pertama, kami mohon doa restu dari warga masyarakat di manapun berada supaya acara ini berjalan lancar berjalan baik sebagaimana harapan kita bersama karena ini juga rangkaian pagelaran rangkaian peringatan HUT RI sehingga kewajiban kita bersama menyukseskan semua acara rangkaian HUT Kemerdekaan," jelasnya.

Yusuf menyampaikan kirab bendera merah putih dan teks proklamasi dimulai dari Monas dan akan berakhir di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Kirab juga melewati kawasan Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, dan Semanggi.

"Estimasi perjalanan 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 kilometer," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.