Sukses

Dukung Gerakan Sekolah Adiwiyata di Tangsel, Benyamin Raih Penghargaan dari Menteri LHK

Proses verifikasi lapangan yang dilakukan secara menyeluruh memastikan komitmen Pemkot Tangsel dalam mendukung gerakan lingkungan hidup di sekolah sudah terwujud dengan baik.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie, menerima Penghargaan Kepala Daerah yang Berhasil Mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah atau Adiwiyata 2024.

Penghargaan ini diserahkan langsung ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang diwakili oleh Asisten Daerah (Asda) 3, Mukoddas Syuhada dalam rangkaian acara Festival LIKE-2 bertajuk "KLHK Appreciation Night" di Jakarta Convention Center, Sabtu (10/08/2024).

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Wali Kota Tangsel dalam mendorong gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah-sekolah di Tangerang Selatan. 

Dimana, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Permen LHK No. 52 Tahun 2019, yang kemudian disempurnakan dengan Permen LHK No. 23 Tahun 2022 dan Permen LHK No. 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata, menjadi landasan utama dalam penilaian ini.

Penilaian penghargaan tersebut melibatkan Dewan Pertimbangan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), sesuai dengan SK Menteri LHK No. 1052/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2022. 

Proses verifikasi lapangan yang dilakukan secara menyeluruh memastikan bahwa komitmen Tangerang Selatan dalam mendukung gerakan lingkungan hidup di sekolah sudah terwujud dengan baik.

Ditemui di tempat terpisah, Benyamin menyebut penghargaan ini berkat kolaborasi dengan semua pihak. Terutama, dalam mengimplementasikan semangat berbudaya lingkungan hidup di sekolah-sekolah yang ada di Tangsel.

“Penghargaan ini bukan hanya milik saya, tetapi milik seluruh warga Tangerang Selatan yang telah berkontribusi dalam menjaga dan merawat lingkungan, terutama melalui sekolah-sekolah yang telah menerapkan budaya lingkungan hidup yang baik,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi untuk Pemkot Tangsel

Benyamin juga menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk terus mengembangkan program-program pendidikan yang berorientasi pada lingkungan hidup, sejalan dengan visi membangun generasi muda yang peduli terhadap kelestarian alam.

"Kami berkomitmen untuk terus memperkuat program-program lingkungan di sekolah, karena kami percaya bahwa masa depan kota ini sangat bergantung pada sejauh mana generasi mudanya menghargai dan melindungi alam,” terangnya.

Pemberian penghargaan ini semakin menegaskan posisi Tangerang Selatan sebagai salah satu kota yang serius dalam menerapkan dan mengembangkan gerakan peduli lingkungan di sekolah, sebuah langkah penting dalam mencetak generasi masa depan yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berbudaya lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.