Sukses

Bos PPI: Elite Partai Bisa Atur Munculnya Kotak Kosong atau Calon Jadi-Jadian

Adi Prayitno menyinggung, realitas seseorang yang berada di puncak popularitas belum tentu mendapat tiket di kontestasi pesta demokrasi dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Adi Prayitno mengunggah komentar, terkait panas-dingin hubungan PKS dan Anies Baswedan yang tampak pecah kongsi di Pilgub Jakarta 2024. Adi menyinggung, realitas seseorang yang berada di puncak popularitas belum tentu mendapat tiket di kontestasi pesta demokrasi dengan mudah.

“Kalau ada orang yang merasa popularitasnya menyentuh ‘langit ketujuh’, punya rekam jejak mentereng, dan seterusnya, belum tentu mendapat dukungan partai berlayar di Pilkada. Kuncinya adalah jangan heran dan jangan bawa perasaan (baper),” kata Adi Prayitno seperti dikutip Minggu (11/8/2024).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini mengingatkan, dalam banyak hal elite partai punya kalkulasi lain. Menurut dia, hal itu menjadi watak dasar politik di Indonesia. Maka dari itu, bagi siapa pun yang ingin ‘berkuasa’ harusnya segera masuk menjadi bagian dari partai sebagai kader.

“Kuasa elite fenomena demokrasi mesti jadi pelajaran penting bagi siapa pun yang tak berpartai, tapi punya syahwat kekuasaan, harus segera berpartai. Jangan asyik sendiri,” wanti Adi.

“(Jangan) merasa besar, berada di zona nyaman, dan selalu merasa bakal dikerubungi partai untuk diusung maju,” imbuh dia menegaskan.

Adi mencatat, cara berpolitik di Indonesia saat ini sudah bergeser. Dulu, politik ditentukan akar rumput namun kini politik hari ini sampai pada fase di mana elite partai jadi penentu segala-galanya. 

“Elite partai bisa atur munculnya calon tunggal melawan kotak kosong atau calon tunggal melawan calon jadi-jadian,” ungkap Dosen Ilmu Politik dari UIN Syarif Hidayatullah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Percaya dalam Urusan Politik

Menutup ‘tausyiah’, Adi meminta semua pihak memiliki kewaspadaan tingkat tinggi di arena politik. Sebab, tidak ada pihak yang dapat dipercaya sepenuhnya saat berada di dalam arena.

“Di politik kau jangan percaya 100 persen pada siapapun. Jangan terpedaya penampilan dan tutur kata. Itu serba kamuflase demi mendapat kekuasaan,” Adi menandasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.