Sukses

Kembangkan Mini Solar Car, Amanah Coaching Clinic Robotic ke Pelajar SMA

Coaching clinic bertempat di Museum Aceh itu sudah berlangsung dua hari, 9-10 Agustus 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pelajar SMA dan sederajat di Aceh mengikuti coaching clinic robotic yang digagas Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH). Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Pike Robotic itu mengembangkan robot bertenaga surya.

“Hari ini adalah coaching clinic tingkat SMA dan sederajat dari lomba Pike Robotic, event yang diselenggarakan bersama AMANAH,” kata Ahmad Aris selaku Koordinator AMANAH Robotic Competition x Pike Robotic, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (11/8/2024).

Coaching clinic bertempat di Museum Aceh itu sudah berlangsung dua hari, 9-10 Agustus 2024. Untuk hari pertama, dikhususkan bagi pelajar SMP-MTs sedangkan hari keduanya untuk tingkat SMA sederajat.

Diketahui peserta coaching clinic merupakan peserta AMANAH Robotic Competition x Pike Robotic yang digelar pada 11 Agustus 2024. Untuk kategori SMP-MTs, robot yang dilombakan berupa robot football.

Adapun, kompetisi untuk tingkat SMA dan sederajat adalah robot berjenis kendaraan bertenaga surya atau mini solar car.

“Untuk tingkat SMA diikuti oleh sembilan tim dari Aceh sampai Nagan Raya karena lombanya itu dari seluruh (Provinsi) Aceh,” kata Ahmad.

Para peserta antara lain dari SMAS Inshafuddin, MAN 1 Model Banda Aceh, SMA Laboratorium Unsyiah, SMKN Penerbangan, SMA IT Nurul Ikhwah, MAS Darul Ulum dan SMA Methodist Banda Aceh. Masing-masing tim dibimbing oleh seorang mentor.

Ahmad percaya, coaching clinic kali ini bisa menginspirasi generasi muda khususnya pelajar untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang teknologi robotic. Lebih dari itu, para peserta diharapkan bisa menciptakan inovasi teknologi.

“Tujuannya, supaya generasi muda di Aceh ini lebih tertarik dengan sains dan teknologi sehingga dapat bekerja sesuai minat masing-masing nantinya. Dari solar panel ini, tentu banyak yang bisa dikembangkan mulai dari energi terbarukan dan lain-lain,” tuturnya.

Ahmad mengaku terkesan, dengan kemampuan dan ketertarikan para pelajar terhadap bidang robotic. Peserta dinilai sangat fokus dan serius membangun mini solar car untuk mengikuti kompetisinya nanti.

Menurutnya, antusiasme peserta sejalan dengan inisiatif AMANAH. Bersama para mahasiswa teknik mesin Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh yang tergabung dalam komunitas Pike Robotic, mereka berkomitmen untuk mewadahi kreativitas generasi muda di Aceh.

“Dari pihak AMANAH tentu merespons baik karena ini juga banyak terkait produk inovasi dan teknologi yang nantinya juga bisa meningkatkan value mahasiswa atau siswa Aceh sehingga dapat bersaing dengan kampus-kampus luar,” dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenai AMANAH

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah) adalah program pemberdayaan generasi muda Aceh yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Program ini merupakan bentuk penyediaan dan dukungan fasilitas secara nyata bagi para pelaku UMKM, industri kreatif, maupun para pemuda dalam rangka meningkatkan perekonomian di Aceh serta sebagai wadah untuk menyalurkan segala bentuk ide, kreatifitas, dan aspirasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini