Sukses

Gus Ipul Soroti Jadwal Muktamar PKB di Bali: Keputusannya Berubah-Ubah oleh Segelintir Elite

Ia menilai perubahan jadwal Muktamar PKB yang tiba-tiba, dianggap janggal dan terkesan ada yang ditutupi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berpendapat bahwa jadwal Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa menunjukkan ketidakkonsistenan dan kesalahan manajemen di internal elite partai tersebut.

"Saya sulit membayangkan ada satu keputusan, atau katakanlah saya tidak habis pikir ada keputusan yang berubah-ubah oleh segelintir elite PKB," kata Gus Ipul dikutip dari Antara, Minggu (11/8/2024).

Gus Ipul menjelaskan bahwa pada awalnya PKB memutuskan muktamar di akhir tahun melalui musyawarah kerja nasional (mukernas), tetapi tiba-tiba muktamar diputuskan diselenggarakan pada tanggal 24—25 Agustus 2024 di Bali.

Ia menilai perubahan jadwal Muktamar PKB yang tiba-tiba dianggap janggal dan terkesan ada yang ditutupi. Oleh sebab itu, dia mengajak kader PKB di dewan pimpinan wilayah maupun cabang (DPW-DPC) untuk bisa berpikir rasional, objektif, dan dapat melihat masa depan.

Selain itu, Gus Ipul mengajak para kader tersebut untuk dapat mengoreksi kebiasaan-kebiasaan yang dianggap tidak baik.

"Kami ingin DPW dan DPC PKB bisa mengambil sikap untuk perbaikan PKB ke depan, dan kembali ke pangkuan Nahdlatul Ulama seperti semangat awal berdirinya dari NU untuk bangsa. Itulah PKB," kata Gus Ipul.

Baca juga: PKB pastikan muktamar di Bali tak bahas isu terkait NUBaca juga: PKB: Muktamar mengundang Jokowi dan Prabowo

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (Komite Pengarah) Muktamar PKB Faisol Riza mengatakan bahwa partainya memutuskan akan melaksanakan muktamar pada tanggal 24—25 Agustus 2024 di Bali.

"Persiapan semua sudah selesai, juga sudah disampaikan kepada seluruh pengurus DPW (dewan pengurus wilayah)-DPC (dewan pengurus cabang) tentang pelaksanaan muktamar pada tanggal 24—25 Agustus ini," kata Faisol di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Forum Tertinggi PKB

Muktamar, kata dia, adalah forum tertinggi di PKB untuk mengambil keputusan tertinggi, dan dihadiri oleh semua perwakilan atau utusan dari DPW maupun DPC di seluruh Indonesia beserta badan otonom partai.

Menurut dia, sekitar 2.300 peserta akan hadir di Muktamar PKB tersebut, terlebih akomodasi sudah dipersiapkan dengan baik.

Walaupun demikian, dia mengaku pelaksanaan muktamar tersebut cukup padat karena bersamaan dengan masa pendaftaran Pilkada 2024, mulai 27 hingga 29 Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.