Sukses

Jokowi Klaim Kualitas Udara di IKN Lebih Baik Dibanding Singapura

Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kali pertama mengajak Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan menteri kabinet Indonesia berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi ingin Ma'ruf Amin dan para menteri lainnya merasakan bersihnya udara pagi di IKN.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kali pertama mengajak Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan menteri kabinet Indonesia berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi ingin Ma'ruf Amin dan para menteri lainnya merasakan bersihnya udara pagi di IKN.

"Ya pertama, saya ingin Pak Wapres, Pak Prabowo dan semua menteri merasakan betapa bersihnya udara di pagi hari di IKN," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

Dia mengatakan kualitas udara di IKN berada di angka 6. Jokowi menyebut angka ini sangat jauh apabila dibandingkan dengan Singapura yang kualitas udaranya berada di angka 53.

"Tadi kita cek untuk air quality index-nya 6, padahal maksimal itu 50. Di ibu kota negara lain, misalnya di Singapura berapa Pak? 53," jelas Jokowi.

"Di sini (IKN) memang udaranya sangat segar, fresh dan bersih. Dan itu bagus untuk kesehatan, untuk usia," klaim Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan ada sejumlah hal yang akan dibahas bersama para Menteri, mulai dari pembangunan IKN Nusantara hingga persiapan transisi pemindahan ibu kota negara.

"Ya yang pertama, kita akan menjelaskan kembali mengenai IKN. Yang kedua, yang berkaitan dengan PMI atau Purchasing Management Index," kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

"Yang ketiga, masalah yang lain-lain yang memang untuk keberlanjutan ini apa, transisi ini apa yang harus disiapkan oleh semua kementerian. Itu aja kira-kira," sambungnya.

Adapun sidang kabinet ini dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para menteri kabinet lainnya.

Selain itu, Jokowi akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur. Salah satunya, grounbreaking Istana Wakil Presiden.

"Ada groundbreaking beberapa. Dari investor termasuk juga Istana Wapres akan digroundbreaking oleh Pak Wapres," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wapres Ma’ruf Pimpin Doa Bersama

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tiba di Swissotel Nusantata, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Minggu sore (11/08/2024) sekitar pukul 18.00 WITA.

Ini adalah kali pertama Ma’ruf Amin berkunjung ke IKN. Saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tanah IKN, Ma’ruf  langsung memanjatkan doa yang diaminkan oleh para pejabat dan rombongan yang menyertainya. 

Dikutip dari keterangan tertulis, Ma’ruf menengadahkan kedua tangan memimpin doa bersama. Doa yang dipanjatkan untuk keberkahan dan keselamatan pemerintah yang akan menempati pusat pemerintahan baru, dan juga bangsa Indonesia yang telah menorehkan sejarah baru.

Ma’ruf mengharapkan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa meridai segala pencapaian bangsa Indonesia, serta terus menganugerahkan keberkahan dan kemakmuran kepada seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam kunjungan ini, Ma’ruf akan melakukan sejumlah kegiatan kerja, termasuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) kawasan Istana Wakil Presiden di IKN dan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Ma'ruf Amin dan rombongan sebelumnya tinggal landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Bae-RJ 85 sekitar pukul 13.00 WIB menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kaltim.

3 dari 3 halaman

Makan Malam Bersama Jokowi

Setibanya di Balikpapan, Ma'ruf disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni beserta segenap anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltim. Demikian dikutip dari Antara, Minggu.

Usai beristirahat sejenak, Ma'ruf dan rombongan kemudian langsung beranjak ke IKN. Pada malam di hari yang sama, pukul 20.00 Wita, Wapres diagendakan mengikuti acara makan malam bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Plaza Ceremony, Sumbu Kebangsaan. Selanjutnya, Wapres akan bermalam di Swissotel Nusantara.

Pada keesokan harinya, Senin 12 Agustus 2024 pukul 09.30 Wita, Wapres dijadwalkan mengikuti sidang kabinet paripurna bersama Presiden Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda. Sidang kabinet tersebut akan membahas arahan Presiden tentang "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.