Sukses

Airlangga Mundur dari Golkar, Sekjen PDIP Sebut Ada Potensi Perubahan Peta Koalisi di Pilkada

Mundurnya Airlangga dinilai akan mempengaruhi peta politik koalisi di Pilkada. Khususnya di daerah-daerah padat penduduk di pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen)PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum Partai Golkar akan membuat perubahan peta politik di Pilkada 2024, terutama di tingkat Pemilihan Gubernur.

"Ada indikasi seperti itu, tetapi kalau di tingkat kabupaten-kota itu relatif konfigurasinya menunjukkan representasi dari peta politik yang ada di daerah, tetapi kalau terkait dengan pilgub, memang ada berbagai skenario-skenario karena ada kepentingan kekuasaan itu,” kata Hasto di kawasan Senayan, Minggu 11 Agustus 2024.

Saat ditanya apakah perubahan peta koaisi terjadi di Banten dan Jakarta, Hasto hanya menyebut Pilkada di daerah strategis dan padat penduduk di daerah Jawa.

Diketahui, PDIP tengah menjajaki koalisi dengan Golkar untuk mendukung Airin Rachmi Diany, sementara Koalisi Indonesia Maju menjagokan Andra Soni di Pilkada Banten.

Apalagi, Pilkada 2024 menurut Hasto dipandang pihak lain sebagai hal penting untuk menjaga peluang di Pilpres 2029.

"Terutama daerah-daerah yang padat penduduk, karena ada yang berpikiran bahwa ini Pilkada serentak dan tidak terjadi lagi 5 tahun ke depan, sehingga ini menjadi fundamental kekuasaan bagi kepentingan 2029,” kata Hasto.

Sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) berencana mengumumkan para calon kepala daerah di lebih dari 100 wilayah yang akan diusung di Pilkada 2024.

Rencananya, pengumuman pada Rabu 14 Agustus 2024, dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Jadi Rabu 14 Agustus itu nanti kami akan mengumumkan, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang gelombang pertama,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, menjawab wartawan, usai konferensi pers Soekarno Run 2024 di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umumkan Ratusan Calon Kepala Daerah 14 Agustus

 

Hasto pun meminta semua pihak bersabar soal daerah mana saja yang diumumkan pada 14 Agustus 2024.

"Ditunggu tanggal 14 Agustus ya,” tutur politisi asal Yogyakarta ini.

Dia pun hanya menjabarkan apa yang diumumkan nanti, mencerminkan Indonesia Raya atau dari semua daerah Indonesia.

"Yang diumumkan itu nanti merepresentasikan Indonesia kita. Ada yang dari Aceh, ada yang dari Papua, ada yang dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, pokoknya Kalimantan lengkap,” pungkas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.