Sukses

Prabowo Yakin IKN Selesai Tepat Waktu: 4 Tahun Lagi Bisa Berfungsi

Prabowo pun menyampaikan komitmen pemerintahannya melanjutkan pembangunan IKN yang dinisiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan, dia siap mengerahkan pakar-pakar untuk mempercepat pembangunan IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto meyakini pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur akan selesai tepat waktu. Ia optimistis IKN dapat mulai berfungsi pada empat tahun kedepan.

"Kita juga tidak boleh memaksakan tapi kalau saya optimis ya dalam 4-5 tahun saya kira sudah berfungsi dengan sangat baik. Saya bukan ahli teknik, tapi saya lihat potensinya, saya yakin 5-6 tahun akan bagus, selesai," kata Prabowo sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Prabowo pun menyampaikan komitmen pemerintahannya melanjutkan pembangunan IKN yang dinisiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan, dia siap mengerahkan pakar-pakar untuk mempercepat pembangunan IKN.

"Jadi ya memang pembangunan ini berjalan dan harus terus kalau bisa kita percepat ya kalau bisa tapi tentunya nanti pakar-pakar semua dikerahkan, semua kemampuan kita. Kalau saya optimistis saya lihat ya saya kira bagus sekali," jelas Prabowo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersyukur sidang kabinet paripurna untuk pertama kalinya dapat digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Jokowi menyampaikan tak semua negara mampu membangun ibu kota dari nol.

"IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan, dan tak semua orang , tak semua negara, dan tak semua negara memiliki kesempatan, memiliki kemampuan untuk membangun ibukotanya yang dimulai betul-betul dari nol," jelas Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Dia mengatakan IKN dibangun dengan konsep kota hutan yang akan dipenuhi pepohonan, bukan beton-beton dan kaca. IKN juga berkonsep kota pintar yang aktivitasnya ditopang dengan teknologi.

Menurut dia, pemerintah ingin membangun ibu kota yang nyaman ditinggali oleh masyarakat. IKN sendiri disebut memiliki kualitas udara yang baik ssehingga membuat masyarakat menjadi sehat.

"Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk dingin dan segar pada pagi hari ini karena air quality indeksnya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Pakai Kendaraan Listrik

Selain itu, kata Jokowi, mobilitas di IKN akan memakai kendaraan listrik. Dia menyebut IKN juga berfokus menggunakan energi hijau, membangun green building, serta memprioritaskan pejalan kaki dan sepeda.

"Ekonomi yang akan dikembangkan di ibukota Nusantara juga ekonomi hijau, ekonomi digital yang akan mengiringi pemerintahan di ibukota Nusantara. Sekali lagi ekonomi hijau, ekonomi digital, data center, financial center dan yang lain-lainnya," kata Jokowi

Disisi lain, dia menuturkan pembangunan IKN membawa keuntungan ekonomi bagi masyarakat setempat. Dengan pemindahan ibu kota, Jokowi berharap perputaran ekonomi tak hanya berfokus di Pulau Jawa saja.

"Kalau kita tahu salah satu alasan kenapa ibukota pindah karena kita ingin pemerataan, karena kita tahu 58 persen GDP ekonomi itu ada di Jawa sehingga kita ingin memeratakan untuk juga keluar Jawa mendapatkan perputaran ekonominya," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jokowi Ungkap Investasi yang Masuk ke IKN Mencapai Rp56,2 Triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan investasi yang masuk untuk proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, saat ini mencapai Rp56,2 triliun. Investasi ini berasal dari 55 proyek yang sudah groundbreaking atau peletakan batu pertama.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, IKN, Senin (12/8/2024). Sidang kabinet ini dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan para menteri kabinet Indonesia Maju.

"Per hari ini perlu juga saya sampaikan bahwa sudah di luar anggaran dari APBN investasi yang masuk sudah Rp56,2 triliun dari 55 yang sudah groundbreaking," jelas Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Dia merinci investasi senilai Rp56,2 triliun itu berasal dari enam proyek pendidikan, tiga pendidikan, 10 retail dan logistik, 8 hotel, 2 energi dan transportasi. Kemudian, 14 proyek kantor dan perbankan, 9 hunian dan area hijau, 9 media, dan tiga proyek teknologi.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan IKN Nusantara dibangun dengan konsep kota hutan yang akan banyak dipenuhi pepohonan, bukan beton maupun kaca. Selain itu, kata dia, IKN berkonsep smart city yang aktivitasnya ditopang dengan teknologi canggih.

Mantan wali kota Solo itu juga ingin IKN menjadi ibu kota yang nyaman ditinggali oleh masyarakat. Salah satunya, dengan kualitas udara yang bagus sehingga masyarakat dapat hidup sehat.

"Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk dingin dan segar pada pagi hari ini karena air quality index-nya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50," ujar Jokowi.

Jokowi menekankan pemindahan ibu kota bukan hanya pindah fisik saja, namun juga pola pikir, kerja, dan mobilitas. Berbeda dengan Jakarta, kendaraan di IKN nantinya hanya diisi oleh kendaraan listrik.

"Energinya memakai energi hijau, bangunannya pun juga bangunan di sini semuanya diarahkan ke green building, dan aksesibilitasnya juga diprioritaskan untuk pejalan kaki dan yang naik sepeda," tutur Jokowi.

"Ekonomi yang akan dikembangkan di Ibu Kota Nusantara juga ekonomi hijau, ekonomi digital yang akan mengiringi pemerintahan di Ibu Kota Nusantara. Sekali lagi ekonomi hijau, ekonomi digital, data center, financial center dan yang lain-lainnya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.