Sukses

Ground Breaking Istana Wapres di IKN, Ma’ruf Amin Ingatkan Ekonomi Lokal hingga Transparansi

Ma’ruf meminta pembangunan Istana Wapres harus mengedepankan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) kini berlanjut ke pembangunan kawasan Istana Wakil Presiden (Wapres). Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) kawasan Istana Wapres Tahap I oleh Wapres Ma’ruf Amin, pada Senin (12/08/2024). 

“Saya berharap proyek ini dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan peluang kerja dan usaha, yang pada akhirnya turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ungkap Ma’ruf dikutip dari keterangan tertulis, Senin (12/8/2024).

Ma’ruf menuturkan groundbreaking Istana Wapres IKN ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian peletakan batu pertama investor tahap ketujuh di IKN yang direncanakan selesai sebelum Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI tahun 2025. 

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan yang perlu menjadi perhatian bersama dalam pembangunan istana ini,” tuturnya.

Ma’ruf meminta pembangunan Istana Wapres harus mengedepankan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan. Selain itu, ia mengharapkan setiap tahap pembangunan dilakukan dengan prinsip ramah lingkungan agar meminimalkan kerusakan alam dan mendukung efisiensi energi.

“Aplikasikan teknologi hijau melalui penggunaan material yang berkelanjutan sehingga istana yang dibangun tidak hanya bagus secara fisik, tetapi juga harmonis dengan alam sekitar,” pinta Wapres.

“Libatkan masyarakat lokal dalam berbagai aspek pembangunan agar meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, sekaligus menjunjung nilai-nilai dan budaya lokal,” imbuhnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instruksikan Istana Wapres Harus Berkualitas

Kedua, Ma’ruf menginstruksikan pembangunan Istana Wakil Presiden ini harus dilakukan dengan kualitas dan standar yang tinggi.

“Pembangunan Istana Wakil Presiden dan infrastruktur lain di IKN tidak boleh berkompromi dalam hal kualitas, baik dari segi material, konstruksi, maupun desain. Pastikan bahwa bangunan ini tidak hanya baik secara estetika, tetapi juga kokoh dan memiliki keamanan yang cukup,” tegasnya.

Kemudian, sambung Ma’ruf, proses konstruksi harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan mematuhi semua aturan. 

“Oleh karena itu, perlu pengawasan yang ketat untuk memastikan bahwa setiap langkah pembangunan berjalan sesuai perencanaan,” tekannya. 

Ma’ruf juga meminta transparansi dan akuntabilitas dalam pembangunan Istana Wakil Presiden terus menjadi perhatian. 

“Saya menekankan agar setiap langkah dalam proses pembangunan ini harus dilakukan dengan penuh keterbukaan, baik dalam hal penggunaan anggaran, pemilihan mitra kerja, maupun dalam proses pengambilan keputusan,” ujarnya. 

 

3 dari 3 halaman

Ma

Terakhir, Ma’ruf menginstruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga integritas dan bekerja dengan penuh tanggung jawab, serta memastikan bahwa proyek ini bebas dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR dan seluruh pihak yang telah berperan serta dalam proses perencanaan dan persiapan pembangunan Istana Wakil Presiden,” katanya. 

Ma’ruf pun mengharapkan semoga pembangunan IKN, termasuk Istana Wakil Presiden ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu, serta memberikan manfaat yang sebesar- besarnya bagi masa depan bangsa dan negara kita.

“Akhirnya, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Proyek Groundbreaking Pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN, saya nyatakan resmi dimulai,” pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini