Sukses

Jokowi Berencana Undang 8.000 Tamu Hadiri HUT RI di IKN: Tapi Hotel dan Akomodasi Tak Cukup

Jokowi memangkas jumlah tamu undangan HUT ke-79 RI di IKN menjadi hanya 1.300 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan, awalnya ingin mengundang 8.000 tamu untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Namun, dia menyadari bahwa hotel dan akomodasi untuk mengundang 8.000 tamu tak mencukupi.

"Dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 nanti akan ada upacara di Ibu Kota Nusantara. Awal-awal yang diundang itu 8.000, dihitung-hitung ternyata hotel nya nggak cukup, akomodasi tidak cukup," kata Jokowi saat melakukan groundbreaking Nusantara Internasional Convention Center and Hotel di Kawasan IKN, Senin (12/8/2024).

Tak hanya itu, kata dia, penyedian konsumsi untuk 8.000 tamu pun masih sangat sulit. Jokowi pun memangkas jumlah tamu undangan HUT ke-79 RI di IKN menjadi hanya 1.300 orang.

"Dipotong lagi dari 8.000 menjadi 4.000, dihitung-hitung lagi di lapangan hotelnya ternyata enggak cukup juga. Akomodasi enggak cukup, untuk konsumsi juga masih sulit," ujar dia.

"Akhirnya dari 4.000 dipotong jadi 2.000. 2.000 pun masih tidak cukup akhirnya keputusan terakhir kemarin menjadi 1.300 tamu yang akan diundang ke Istana Negara untuk mengikuti upacara HUT kemerdekaan yang ke-79," sambung Jokowi.

Jokowi menyampaikan ada sekitar 1.000 masyarakat sekitar IKN dan Kalimantan Timur yang juga akan diundang pada upacara HUT ke-79 RI. Hal ini dikarenakan masyarakat sekitar Kalimantan Timur tidak membutuhkan hotel dan akomodasi.

"Plus nanti kurang lebih ribuan masyarakat dari masyarakat sekitar di sini yang tidak memerlukan hotel dan akomodasi dan lain-lainnya," tutur dia.

Jokowi mengaku senang Nusantara Internasional Convention Center and Hotel akan segera dibangun di IKN. Sebab, dapat menambah jumlah tamu undangan untuk HUT RI tahun berikutnya.

"Ini akan menambah fasilitas apabila nanti tahun depan upacaranya mengundang 8.000 undangan dan saat itu saya sudah menjadi salah satu undangan untuk hadir di sini. Tapi hotelnya saya pastikan masih belum cukup kalau mengundang 8.000. Paling-paling naik menjadi 2.000," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anggaran HUT RI 2024 Melonjak

Sebelumnya, Presiden Jokowi membenarkan anggaran untuk perayaan HUT ke-79 RI tahun 2024 mengalami lonjakan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan HUT RI tahun ini digelar di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi (pemindahan ibu kota) sehingga (upacara HUT RI) menjadi di dua tempat," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Kendati begitu, dia menyebut lonjakan anggaran HUT ke-79 RI tidak terlalu tinggi. Jokowi menilai besaran anggaran HUT ke-79 RI masih dalam tahap yang wajar.

"Tapi kan bukan lompatan yang anu (tinggi). Saya kira anggaran biasa, wajar," jelasnya.

Jokowi tak mengungkapkan besaran anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk perayaan HUT ke-79 RI di dua lokasi. Dia mengatakan anggaran HUT RI ada di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg).

"Juga anggarannya di Kemensetneg," ucap Jokowi.

3 dari 4 halaman

Peringatan HUT RI, Bendera Merah Putih Dikirab dari Jakarta ke IKN

Sekretariat Presiden (Setpres) menginformasikan duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih berikut teks proklamasi akan dikirim menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, melalui prosesi kirab, Sabtu (10/8), dari Jakarta.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta, mengatakan prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa pukul 08.00 WIB dari Monumen Nasional, Jakarta ke IKN melalui pelaksanaan kirab," katanya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan prosesi kirab akan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, kata Yusuf, bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) “Maung” dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

"Jika tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka, maka tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang," katanya.

4 dari 4 halaman

Dimulai dari Monas

Kirab tersebut dimulai dari Monas menggunakan iring-iringan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, kata Yusuf, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten. Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

"Prosesi ini merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya bendera Merah Putih dan teks proklamasi dikirab ke IKN," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.