Sukses

Prabowo Akan Percepat Pembangunan IKN: Anggaran yang Kita Siapkan Besar

Menurut Prabowo, prioritas utama pembangunan IKN saat ini adalah membangun gedung-gedung pemerintahan, mulai dari Gedung MPR/DPR, perumahan anggota, hingga Kantor MA dan MK. Jika infrastruktur eksekutif, legislatif, dan yudikatif siap, maka menurut Prabowo, secara substantif ibu kota negara sudah bisa beroperasi di Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Prabowo berjanji mempercepat proses pembangunan IKN, terutama untuk kawasan pusat pemerintahan.

"Saya bertekad juga untuk tegaskan di sini bahwa kita akan lanjutkan. Kalau bisa kita percepat," kata Prabowo dalam sidang kabinet paripurna di IKN, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/8/2024).

Dia meyakinkan Otorita IKN bahwa pemerintah telah menyiapkan ruang anggaran yang besar untuk membangun ibu kota baru tersebut. Untuk itu, Prabowo optimistis proyek pembangunan IKN dapat rampung.

"Dan untuk ini juga, saya ingin meyakinkan Otorita bahwa ruang anggaran yang kita siapkan cukup besar, dan kita bisa saya kira selesaikan beberapa hal yang penting dalam IKN ini," ujarnya.

Menurut dia, prioritas utama adalah pembangunan gedung-gedung pemerintahan. Mulai dari Gedung MPR/DPR, perumahan anggota, serta ruang kantor untuk yudikatif, termasuk Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau itu sudah selesai, sebetulnya secara substansi ibu kota pemerintah sudah bisa beroperasi di sini. Jadi kita tidak perlu tunggu yang lain-lain. Saya kira yang lain-lain itu akan menyusul," tutur Prabowo Subianto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Teknologi Canggih Antisipasi Kebakaran Hutan di IKN

Selain itu, Prabowo juga menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi potensi bencana, terutama kebakaran hutan, mengingat konsep IKN sebagai forest city. Ia menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran.

"Tidak boleh ada sedikit pun peluang untuk mengancam Ibu Kota Negara," ujar Menteri Pertahanan RI itu.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diterimanya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri dalam menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan datang.

Prabowo meyakini apabila pusat pemerintahan di IKN rampung, akan ada lebih banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru ini.

"Saya optimis selesainya pusat pemerintahan dengan investasi yang lain akan mengundang investor lebih besar lagi," kata Prabowo memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini