Sukses

Kapolsek Mojokerto Tewas Diduga Bunuh Diri, Kompolnas: Pemeriksaan Mental Anggota Perlu Dilakukan Berkala

Komisioner Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim mengatakan, pihaknya bakal melakukan atau meminta klarifikasi untuk memastikan penyebab Kompol M tewas.

Liputan6.com, Jakarta - Kompol M, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di rumahnya di Desa Mlaten, Kecamatan Puti, Mojokerto. Kapolsek Mojokerto ini melakukan hal itu karena diduga tak kuat menahan sakit yang sudah bertahun-tahun.

Terkait hal itu, Komisioner Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim mengatakan, pihaknya bakal melakukan atau meminta klarifikasi untuk memastikan penyebab Kompol M tewas.

"Kompolnas tadi pagi sudah tahu ada pemberitaan dugaan bunuh diri Kapolsek Mojokerto. Tentu sebagaimana mekanismenya, Kompolnas akan minta klarifikasi. Apakah benar demikian ada peristiwa sebagaimana yang diberitakan," kata Yusuf saat dihubungi, Selasa (13/8).

Selain itu, saat ini Kompolnas disebutnya tengah melakukan proses komunikasi dan koordinasi serta meminta klarifikasi ke Polda Jawa Timur.

"Apabila memang ada peristiwa, setidaknya meskipun itu ditemukan meninggal dunia, tentu peristiwa tersebut harus dipastikan. Apakah meninggal dalam keadaan wajar atau tidak, apakah memang benar ada dugaan bunuh diri. Itu hal-hal yang kita mintakan klarifikasi," ujarnya.

Namun, apabila peristiwa itu memang benar bunuh diri. Maka hal ini menjadi sangat memperhatikan pihaknya.

Dengan adanya kasus tewasnya anggota Korps Bhayangkara tersebut yang diduga bunun diri. Kompolnas diungkapkannya tengah mempersiapkan untuk memberikan saran kepada Polri.

"Agar dilakukan peningkatan pengawasan pembinaan mental anggota. Pemeriksaan kejiwaan dan mental perlu dilakukan secara berkala," ungkapnya.

"Apabila ada kekurangan tenaga ahli pengawasan pembinaan mental, sperti psikolog dan psikiatri, maka itu menunut untuk ditingkatkan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditemukan Tewas

Sebelumnya, Diduga tak kuat menahan sakit yang sudah bertahun-tahun, seorang Kapolsek di Kota Mojokerto berinisial Kompol M, ditemukan tewas di rumahnya di Desa Mlaten, Kecamatan Puri, Mojokerto. Ia tewas diduga gantung diri.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kabar meninggalnya Kompol M beredar pada Minggu (11/8) sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, penyebab kematian dirumorkan akibat bunuh diri dengan cara gantung diri.

Demikian pula dengan motif korban melakukan gantung diri itu. Kabarnya, ia tengah menderita sebuah penyakit yang disebut sudah bertahun-tahun diderita korban.

3 dari 3 halaman

Polisi Benarkan Kompol M Meninggal

Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Ipda Agung Suprihandono saat dikonfirmasi hanya membenarkan soal kabar kematian perwira mantan Kasat Reskrim Polres Kota Mojokerto itu.

Ia enggan menjelaskan soal motif, kronologi, maupun penyebab dari kematian Kompol M.

“Tadi saya menerima kabar meninggal dunia sekitar pukul 15.00 WIB,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini