Sukses

Jokowi Pastikan Timnas Indonesia Bisa Pakai Pusat Latihan Sepak Bola di IKN Mulai September

Jokowi menyampaikan akan ada delapan lapangan yang dibangun di pusat pelatihan di IKN. Ia menyebut lapangan tersebut merupakan sumbangan dari FIFA dan AFC.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan Timnas Indonesia sudah mulai bisa melakukan latihan sepak bola di Training Center (TC) PSSI yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur mulai September 2024.

Menurut dia, lapangan di pusat pelatihan PSSI di IKN sebagian sudah dapat digunakan untuk latihan teknis oleh Timnas Indonesia.

"Saya kemarin tanya ke Ketua PSSI September akan dipakai, ini 2,5 lapangan sudah jadi, rumput asli dan setengah lapangan dipakai teknis," jelas Jokowi kepada wartawan di Kawasan IKN, Selasa (13/8/2024).

Dia menyampaikan akan ada delapan lapangan yang dibangun di pusat pelatihan di IKN. Jokowi menyampaikan lapangan tersebut merupakan sumbangan dari FIFA dan AFC.

"Meski rencananya ada 8 lapangan, ada yang dari PSSI, FIFA, dan AFC," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pusat pelatihan sepak bola itu berada di atas lahan seluas 34,5 hektare.

Lapangan dalam pusat pelatihan sepak bola tersebut menggunakan rumput alami dan sintetis.

Pusat pelatihan sepak bola di IKN memiliki asrama berkapasitas 138 orang, 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar single untuk tim pelatih, dan enam suite untuk pelatih kepala.

Asrama tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas fisioterapi, fitnes, penanganan medis, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi dan Menpora Tinjau Pembangunan Training Center Timnas Indonesia di IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengunjungi Training Center timnas Indonesia di IKN pada Selasa 13 Agustus 2024. Presiden ingin melihat langsung perkembangan pembangunan training center atau pusat latihan untuk tim nasional sepakbola.

Tak hanya Presiden dan Menpora, turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung.

"Kita ingin memastikan bahwa pembangunan training center IKN berjalan dengan baik. Saat ini proses pengerjaan sudah memasuki tahap akhir atau finishing," ujar Dito dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

TC untuk Timnas Indonesia di IKN berdiri di atas lahan seluas 34,5 hektare. Sudah terdapat dua lapangan yang dibangun dengan rumput alami dan sintetis. Dua lapangan itu pun sudah hampir rampung dikerjakan. Rencananya, akan ada delapan lapangan di TC tersebut.

Selain itu pada TC akan ada asrama yang berkapasitas 138 orang. Terdapat 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar single untuk tim pelatih, dan 6 suite untuk pelatih kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini