Sukses

Intip Persiapan Polri Amankan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pengamanan nantinya dilakukan dengan bersinergi antara Polri dengan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Polri terus melakukan persiapan pengamanan dalam rangka upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu 17 Agustus 2024 mendatang. Persiapan tersebut di antaranya memastikan kesiapan personel hingga kendaraan pengawal tamu upacara.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pengamanan nantinya dilakukan dengan bersinergi antara Polri dengan TNI.

"Kesiapan personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman," kata Trunoyudo dalam keteranganya, Selasa (13/8/2024).

Di mana untuk pengamanan VIP dan VVIP Polda Kaltim dan jajaran mengerahkan kekuatan personel berjumlah kurang lebih 1.013 yang terbagi menjadi 7 satgas, dengan Polres Balikpapan maupun Polres PPU melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan.

"Pelaksanaan kegiatan pengamanan VVIP adalah ranah daripada Kodam 6 Mulawarman dan Pangdam selaku Komandan Satgas pengamanan wilayah. Kemudian Bapak Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas," katanya.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa pengamanan bukan hanya dilakukan kepada tamu. Namun juga upaya pencegahan, mitigasi bencana alam, dan keamanan rute perjalanan menuju IKN.

Semua itu nantinya secara garis besar, akan banyak personel yang ditempatkan di beberapa titik simpangan jalan dan mendirikan pos yang dianggap berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan.

"Personel dalam rangka melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan tamu undangan atau tamu VIP, tamu undangan yang lain tidak ada kendala menuju tempat kegiatan upacara yaitu di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Lalu Lintas

Kemudian untuk pengamanan lalu lintas sendiri, Polri menurunkan sebanyak 898 personel untuk pengamanan, pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir). Selain itu, ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua untuk pengamanan dan pengawalan.

"Seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan," ujarnya.

Satgas Pamwalrolakir juga telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapan mereka dalam mengamankan acara besar tersebut.

"Simulasi telah dilakukan beberapa kali, baik untuk pengawalan maupun pengamanan rute. Beberapa waktu lalu kami juga sudah latihan, sehingga pada hari H nanti kita betul-betul siap untuk mengamankan event yang luar biasa ini," tambahnya.

Terakhir, Trunoyudo menuturkan, Polri dalam rangka untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, juga mendukung pengamanan serta keberlangsungan pembangunan IKN.

"Melalui seluruh fungsi Kepolisian dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholders terkait," tuturnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.