Sukses

Dorong Ekosistem Beauty and Wellness Tanah Air, BPOM RI Siap Dukung Wellfest 2025

BPOM RI menyebut, Indonesia Wellness Festival atau Wellfest 2024 telah sukses digelar, sejalan dengan program pemerintah untuk mengutamakan unsur promotif preventif, meningkatkan aktivitas membuat kesehatan jadi lebih baik secara menyeluruh, bukan hanya mengobati dan menyembuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Wellness Festival atau Wellfest 2024 telah sukses digelar dengan berbagai dampak positif sebagai penggerak ekosistem Beauty and Wellness di tanah air.

Termasuk mendukung pelaku usaha dan meningkatkan literasi masyarakat terkait pentingnya wellness serta pengenalan produk pendukungnya.

"Wellfest menjadi pembuka yang diharapkan jadi kegiatan rutin tahunan yang dapat direplikasi di daerah dalam bentuk serupa, di mana kita memberikan edukasi, pemahaman, dan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya wellness dan pengenalan produk pendukungnya yang aman, bermanfaat, dan bermutu," ujar Plt Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Plt Kepala  BPOM Rizka Andalusia, melalui keterangan tertulis, Selasa (13/8/2024).

Ia menjelaskan, upaya edukasi ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengutamakan unsur promotif preventif, yang intinya meningkatkan aktivitas membuat kesehatan jadi lebih baik secara menyeluruh, bukan hanya mengobati dan menyembuhkan.

"Selain ingin membuat masyarakat sehat, di satu sisi kita juga ingin membuat industri kita sehat dengan melakukan berbagai kegiatan business matching baik antara produsen dengan konsumen, maupun buyer ekspor dengan industri yang menghasilan bahan baku," papar Rizka.

Dia juga memaparkan kesuksesan Wellfest 2024 dalam memfasilitasi kolaborasi para pelaku usaha agar semakin berdaya saing baik di pasar lokal maupun global.

Rizka juga menyampaikan apresiasi bagi setiap pihak yang telah mendukung terselenggaranya 'Wellfest 2024: Natural, Beauty, and Wellness' pada 2 sampai 4 Agustus 2024 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Puluhan UMKM

Untuk diketahui, Wellfest 2024 melibatkan 67 pelaku usaha yang mengisi 80 booth dan hampir 350 ribu pengunjung yang antusias. Welfest mengelar beragam talkshow dan workshop edukatif yang bermanfaat bagi para pelaku usaha dan masyarakat.

Sementara melalui BPOM Help Desk di Wellfest 2024, BPOM mengeluarkan sejumlah surat Keputusan Registrasi, Izin Edar, dan Notifikasi, serta Pendampingan bagi 44 UMKM. Sejumlah kerja sama yang bersifat pentahelix juga telah ditandatangani secara resmi dalam event tersebut.

Pada kesempatan sama, inisiator dan penyelenggara Wellfest 2024 Chief Executive Officer (CEO) Chemistry Fauzy Harmoko menyampaikan, dari sisi dampak ekonomi, selain nilai transaksi yang dirasakan langsung melalui pemasaran produk dan layanan.

"Wellfest 2024 juga menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 500 tenaga kerja kreatif sepanjang penyelenggaraan kegiatan," ucap Fauzy.

Ia pun menggarisbawahi, Wellfest merupakan wujud kerja sama berbagai stakeholder, terutama dukungan Pemerintah dan BPOM selaku regulator, para pelaku usaha, komunitas, pemberi edukasi, pengisi acara, media, serta Key Opinion Leader yang turut mengoptimalkan dampak positif Wellfest 2024.

"Chemistry menghadirkan Welfest untuk menjadi hub bertemunya semua kepentingan, untuk sharing role dan responsibilities, lahir dari kolaborasi banyak pihak," terang Fauzy.

Ia berharap, Wellfest 2025 akan memberikan imbas positif yang lebih besar.

"Dengan dukungan semua pihak, semoga Wellfest 2025 dapat memiliki lingkup lebih luas, memfasilitasi konektivitas lebih dalam, juga merangkul cluster yang lebih beragam agar manfaatnya pun lebih besar. Wellfest 2025 lebih lengkap, lebih seru," pungkas Fauzy Harmoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.