Sukses

Agus Gumiwang Pastikan Tidak Maju Saat Pemilihan Ketum Golkar Definitif

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan musyawarah nasional atau munas ke-11 Partai Golkar diselenggarakan guna memilih ketua umum definitif.

Liputan6.com, Jakarta Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan musyawarah nasional atau munas ke-11 Partai Golkar diselenggarakan guna memilih ketua umum definitif.

Menurut dia, hal itu diperlukan usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum sejak 10 Agustus 2024.

"Munas dijadikan forum untuk dijadikan ketua umum baru, ketua umum definitif," kata Agus Gumiwang di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Selasa (13/8/2024).

Dia menambahkan, sebagai Plt Ketua Umum Golkar dirimya tidak akan maju sebagai salah satu kandidat ketua umum definitif saat Munas berlangsung pada 20 Agustus 2024.

"Tidak akan maju," jelas Agus Gumiwang.

Selain itu, saat ditanya alasan mengapa munas harus dipercepat dan tidak sesuai agenda partai pada Desember mendatang, dia hanya menjawab bahwa partainya saat ini harus bergerak cepat menjalani agenda kenegaraan.

"Karena dalam menghadapi agenda kenegaraan bahwa kita butuhkan ketum definitif," jelas Agus Gumiwang.

Sebelumnya, Agus Gumiwang mengatakan, penunjukkan dirinya sebagai Plt ketua umum Partai Golkar dilkukan secara musyawarah mufakat. Agus Gumiwang menilai, penunjukkan itu adalah sebuah amanah yang akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Secara musyawarah dan mufakat saya diberi amanah sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar, dan tugas utama saya sebagai plt adalah mengantar Golkar menuju rapat pimpinan nasional dan musyawarah nasional ke-11 Partai Golkar," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengawal Seluruh Agenda Partai Golkar

Agus Gumiwang memastikan, akan membawa nama baik Partai Golkar sebagai plt ketua umum. Dia ingin, publik dapat melihat Partai berlambang pohon beringin itu adalah partai yang dewasa dan sudah banyak makan asam garam.

"Kita lihat, kita tampilkan kepada publik bahwa Partai Golkar merupakan partai yang dewasa , punya pengalaman, jam terbang, begitu banyak, begitu tinggi, sehingga dalam menghadapi dinamika dan tantangan apapun tetap menjaga soliditas di antara kader, di antara internal Partai Golkar," ungkap dia.

Agus Gumiwang memastikan, dirinya akan mengawal seluruh agenda Partai Golkar yang sudah dijalankan oleh Airlangga Hartarto.

Dia meyakini, tidak ada yang berubah dan akan menyukseskan rangkaian prestasi Partai Golkar di Pemilu 2024 dan berikutnya Pilkada 2024.

"Kita tetap mempunyai komitmen tidak berubah, menyukseskan Pilkada serentak, menyukseskan pelantikan DPR RI, DPD RI, DPRD dan menyukseskan pelantikan Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, tidak ada perubahan, prinsip kita jaga," tutur Agus Gumiwang.

3 dari 3 halaman

Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Partai Golkar

Sebelumnya, mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar, membuat partai berlambang pohon beringin itu terguncang. Mencari sosok Plt Ketum pun menjadi hal yang segera diupayakan.

Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan, guna membahas hal tersebut, pihaknya akan menggelar rapat pleno hari ini.

"Sehubungan dengan keputusan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk mundur yang telah disampaikan pada hari Sabtu 10 Agustus 2024, maka DPP Partai Golkar akan menggelar rapat Pleno pada Selasa, 13 Agustus pukul 19.00 WIB, dengan semangat musyawarah mufakat," kata dia dalam keterangannya, Senin (12/7/2024).

Menurut Ketua Komisi I DPR RI ini, ada sejumlah agenda yang dibahas. Selain menentukan Plt Ketum Golkar,  juga ada membahas jadwal Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

"Rapat Pleno akan fokus pada agenda; pembacaan surat pengunduran diri Ketua Umum Airlangga Hartarto sekaligus penentuan plt ketum, penentuan jadwal Rapimnas, penentuan jadwal Munaslub," tutur Meutya.

"Rapat Pleno akan dilaksanakan dengan semangat musyawarah mufakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.