Sukses

Pengamat Apresiasi Komitmen Prabowo Lanjutkan IKN: Beri Kepercayaan Investor

Pengamat ekonomi dari UIN Syarif Hidayatullah Hendra Kholid mengapresiasi komitmen Prabowo Subianto memastikan keberlanjutan program pemerintah Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkali-kali menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pertahanan ini bahkan ingin melakukan percepatan pembangunan IKN di eranya.

Hal itu diungkap Prabowo dalam beberapa momen saat berada di IKN, Senin 12 Agustus 2024. Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh jajaran kabinet tengah berada di IKN kemarin untuk menggelar sidang kabinet perdana.

Pengamat ekonomi dari UIN Syarif Hidayatullah Hendra Kholid mengapresiasi komitmen Prabowo Subianto memastikan keberlanjutan program pemerintah Presiden Jokowi, di antaranya terkait percepatan pembangunan IKN.

“Tentu apresiasi terhadap keinginan presiden terpilih Pak Prabowo untuk kemudian melanjutkan, karena kalau tidak ada komitmen untuk melanjutkan maka IKN ini akan terbengkalai, tapi dengan adanya keinginan presiden terpilih untuk melanjutkan ini merupakan apresiasi dan tentu penghargaan dari kita bersama karena kalau tidak nanti akan terbengkalai,” ujar Hendra, Rabu (14/8/2024).

Menurut Hendra, langkah Prabowo itu dinilai bisa menjadi landasan serta menumbuhkan kepercayaan para investor untuk berinvestasi di IKN.

“Ketika Prabowo punya komitmen untuk meneruskan IKN, maka itu merupakan garansi bagi para investor artinya investor punya kepastian dan itu menjadi sebuah garansi,” paparnya.

Dikatakan Hendra, transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo yang berjalan mulus dapat meningkatkan kepercayaan dan menjadi magnet para investor menanamkan investasinya dalam pembangunan IKN.

“Karena persoalannya investasi itu kan butuh trust, butuh kepercayaan. Nah kepercayaan itu tentu bisa kita lihat dari komitmen dan janji presiden terpilih,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dinilai Perlu Segera Bangun Pusat Perekonomian Baru

Lebih lanjut Hendra menuturkan, pemerintah perlu segera membangun pusat perekonomian baru di IKN yang diawali dengan memupuk ekosistem ekonomi agar kian subur.

“IKN harus punya daya tarik keuntungan bagaimana caranya, yaitu dengan membangun pusat perekonomian hadir di IKN ini seperti mall, perusahaan asuransi dan lainnya,” ucapnya.

“Jadi kenapa sih harus ada daya tarik keuntungan, kalau ada daya tarik keuntungan maka dengan sendirinya investor akan datang lalu kemudian orang akan pindah ke IKN dan berbagai macamnya, sehingga bagi saya ke depan IKN juga bisa menjadi pusat keuangan Nusantara,” imbuhnya.

Selain itu, kata Hendra, untuk menarik minat investor pemerintah diminta untuk memberikan juga kemudahan dalam berinvestasi di IKN.

Sebenarnya, melalui Peraturan Pemerintah (PP) 12 tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara, Hendra menuturkan sudah cukup tinggal bagaimana pemerintah mengimplementasikannya di lapangan.

“Kedua bagi saya apa sih yang menjadi daya tarik adanya kemudahan, meskipun ada daya tarik tetapi sulit investor tidak akan datang. Kemudahan ini sebenarnya sudah dibuat oleh pemerintah ada banyak sekali kemudahan berinvestasi melalui PP 12 tahun 2023 itu salah satu kemudahan berinvestasi di bumi Nusantara,” bebernya.

 

3 dari 3 halaman

Optimis Keberlanjutan Pembangunan IKN

Hendra optimis keberlanjutan pembangunan IKN ke depan akan memberikan dampak positif bagi perekonomian, serta memberikan pemerataan ekonomi bukan hanya di Pulau Jawa tetapi juga di luar Pulau Jawa.

“Saya yakin dan punya optimisme IKN ini akan berlanjut lalu kemudian memberikan tiga hal kunci yaitu pertama IKN ini akan memberikan pertumbuhan ekonomi, yang kedua dia akan menjadi pemerataan ekonomi dan yang ketiga sustanability keberlanjutan, itulah yang kira-kira kita harapkan ke depan,” urainya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto berbicara tentang investor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Prabowo mengakui dirinya sebagai salah satu investor di IKN.

"Salah satu investor saya sendiri sebagai pengusaha," kata Prabowo saat mendampingi Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin 12 Agustus 2024.

Prabowo juga menekankan komitmennya untuk menyelesaikan IKN Nusantara. Prabowo menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengambil peran sejarah sebagai inisiator pembangunan IKN.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan, kalau bisa menyelesaikan ya," kata Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • IKN

Video Terkini