Sukses

Top 3 News: BPIP Angkat Bicara soal Sejumlah Anggota Paskibraka Lepas Hijab, Sebut Demi Keseragaman

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP Yudian Wahyudi menjelaskan soal kabar lepas hijab sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP Yudian Wahyudi menjelaskan soal kabar lepas hijab sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Yudian menjelaskan, sejumlah anggota Paskibraka lepas hijab bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai keseragaman dalam pengibaran bendera. Pernyataan tersebut disampaikannya untuk menjelaskan alasan penyesuaian ketentuan seragam untuk anggota Paskibraka yang menggunakan hijab.

Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, anggota Paskibraka diperbolehkan menggunakan hijab dalam upacara pengukuhan maupun pengibaran bendera pada 17 Agustus.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya sudah bisa tidur nyenyak dan pulas saat menginap di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini berbeda saat kali pertama bermalam di Istana Negara IKN pada Juli lalu, di mana, Jokowi mengaku tak bisa tidur nyenyak. Jokowi mengatakan pembangunan di Istana Negara IKN belum selesai saat dirinya pertama kali menginap. Termasuk, soal pendingin ruangan atau AC di kamarnya.

Namun, Istana Negara IKN sudah lebih nyaman untuk ditempati dan dijadikan tempat menginap. Bahkan, Jokowi juga sudah jalan-jalan di sekitar Istana Negara IKN.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita yang memastikan musyawarah nasional atau munas ke-11 Partai Golkar diselenggarakan guna memilih ketua umum definitif.

Menurut dia, hal itu diperlukan usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum sejak 10 Agustus 2024. Dia menambahkan, sebagai Plt Ketua Umum Golkar dirimya tidak akan maju sebagai salah satu kandidat ketua umum definitif saat Munas berlangsung pada 20 Agustus 2024.

Selain itu, saat ditanya alasan mengapa munas harus dipercepat dan tidak sesuai agenda partai pada Desember mendatang, dia hanya menjawab bahwa partainya saat ini harus bergerak cepat menjalani agenda kenegaraan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 14 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BPIP Angkat Bicara soal Sejumlah Anggota Paskibraka Lepas Hijab: Demi Keseragaman

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP Yudian Wahyudi menjelaskan soal kabar lepas hijab sejumlah anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.

Yudian menjelaskan, sejumlah anggota Paskibraka lepas hijab bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai keseragaman dalam pengibaran bendera.

"Karena memang kan dari awal Paskibraka itu uniform (seragam)," ujar Yudian ketika memberi pernyataan pers di Hunian Polri Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu 14 Agustus 2024, dikutip dari Antara.

Pernyataan tersebut disampaikannya untuk menjelaskan alasan penyesuaian ketentuan seragam untuk anggota Paskibraka yang menggunakan hijab.

Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, anggota Paskibraka diperbolehkan menggunakan hijab dalam upacara pengukuhan maupun pengibaran bendera pada 17 Agustus.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Bermalam di Istana Negara IKN, Jokowi: Tidur Saya Sudah Nyenyak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya sudah bisa tidur nyenyak dan pulas saat menginap di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini berbeda saat kali pertama bermalam di Istana Negara IKN pada Juli lalu, dimana Jokowi mengaku tak bisa tidur nyenyak.

"Tadi malam saya juga tidur di Istana Negara, nyenyak. Pules," kata Jokowi usai meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan IKN, Rabu 14 Agustus 2024.

Jokowi mengatakan pembangunan di Istana Negara IKN belum selesai saat dirinya pertama kali menginap. Termasuk, soal pendingin ruangan atau AC di kamarnya.

"Ya memang belum selesai, ini pekerjaan besar, yang sangat besar, ini adalah pekerjaan panjang. Jadi tahapan demi tahapan, step by step, satu-satu, kalau belum ada AC nya salahnya tidur di situ, sehingga tidak bisa tidur nyenyak," ucap Jokowi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Agus Gumiwang Pastikan Tidak Maju Saat Pemilihan Ketum Golkar Definitif

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan musyawarah nasional atau munas ke-11 Partai Golkar diselenggarakan guna memilih ketua umum definitif.

Menurut dia, hal itu diperlukan usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri sebagai ketua umum sejak 10 Agustus 2024.

"Munas dijadikan forum untuk dijadikan ketua umum baru, ketua umum definitif," kata Agus Gumiwang di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Selasa 13 Agustus 2024.

Dia menambahkan, sebagai Plt Ketua Umum Golkar dirimya tidak akan maju sebagai salah satu kandidat ketua umum definitif saat Munas berlangsung pada 20 Agustus 2024.

"Tidak akan maju," ucap Agus Gumiwang.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.