Sukses

Terima Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris, Jokowi: Keberhasilan Ini Tidak Instan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-setingginya kepada para atlet yang telah berjuang mengharumkan Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Terlebih, Indonesia berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 medali perunggu di ajang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-setingginya kepada para atlet yang telah berjuang mengharumkan Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Terlebih, Indonesia berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 medali perunggu di ajang tersebut.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas nama bangsa dan rakyat Indonesia kepada para atlet yang telah berjuang keras di Olimpiade Paris tahun 2024 dan memberikan kebanggaan yang luar biasa bagi bangsa negara dan rakyat Indonesia," kata Jokowi saat menerima atlet dan pelatih Olimpiade Paris di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Adapun medali emas diraih oleh Veddriq Leonardo di cabang panjat tebing nomor Speed putra dan Rizky Juniansyah di cabang angkat besi nomor 73 kilogram. Sementara itu, medali perunggu diraih Gregoria Mariska Tunjung di cabang bulutangkis tunggal putri.

"Ini membangkitkan optimisme, membangkitkan harapan para atlet Indonesia lainnya untuk berlomba-lomba mencetak prestasi yang lebih baik di event internasional lainnya," ujar Jokowi.

Jokowi meyakini keberhasilan yang diraih para atlet tersebut melalui proses yang panjang. Jokowi menyebut para atlet dan pelatih harus melakukan pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan untuk meraih prestasi di Olimpiade.

"Saya melihat keberhasilan ini bukan instan, ada proses panjang yang dilakukan dari seluruh pihak baik berkaitan dengan identifikasi bakat dini, berkaitan dengan pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan. Kerja keras pelatih, tim mendukung dan semua cabor yang telah berkontribusi dalam pencapaian prestasi yang membanggakan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Peraih Medali Emas Diberi Bonus Rp6 Miliar, Perunggu Rp1,65 Miliar

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah memberikan bonus kepada atlet serta pelatih sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang diraih. Atlet peraih medali emas masing-masing mendapat bonus sebesar Rp6 miliar, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp1,65 miliar.

Selain itu, Jokowi memberikan bonus sebesar Rp2,750 miliar untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas. Sementara untuk pelatih yang atletnya meraih medali perunggu, mendapatkan bonus Rp675 juta.

Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024, meski tak membawa pulang medali. Masing-masing atlet akan mendapatkan bonus senilai Rp250 juta.

"Rp250 juta untuk atlet yang tidak mendapatkan medali sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.