Sukses

Gus Yahya Bertemu Jokowi Bahas PKB-PBNU, Ini Respons Cak Imin

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi sempat menanyakan terkait masalah PKB dan PBNU.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku tidak tahu soal pertemuan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pertemuan antara Gus Yahya dengan Jokowi itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

"Wah saya enggak tahu," kata Cak Imin di Pondok Pesantren Daarul Rahman, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2024).

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi sempat menanyakan terkait masalah PKB dan PBNU.

"Ya tadi disinggung sedikit beliau bertanya lah ya, ini ada apa, dan kami jelaskan. Kami jelaskan semuanya dan beliau bisa memahami, menerima dengan baik," kata Gus Yahya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Gus Yahya mengaku, Jokowi tidak dalam hal menyarankan solusi. Dia menyebut, pihaknya yang akan mencari jalan keluar mengenai masalah dengan PKB.

"Ya itu kan nanti urusan kami sendiri solusinya," ucapnya.

Menurutnya, Jokowi tidak intervensi dalam masalah PBNU dan PKB. Tetapi, masalah ini cukup menarik perhatian Jokowi.

"Ya kan sudah saya bilang tadi, ndak ada, memang disinggung, tapi ya kami jelaskan saja karena beliau belum perhatikan juga lah ada masalah seperti ini, beliau perhatikan. Ya kami jelaskan apa yang terjadi, beliau bisa memahami, menerima dengan baik," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Kerja Sama PBNU dan Pemerintah

Di sisi lain, Gus Yahya menyampaikan tujuan dirinya bertemu dengan Jokowi untuk membahas soal kerja sama antara PBNU dan pemerintah. Menurut dia, pemerintah Jokowi telah banyak membantu PBNU.

"Kami berharap bahwa nanti walaupun sudah tidak berjabat sebagai Presiden, masih tetap bisa dilanjutkan kerja sama antara kami dengan Pak Jokowi pribadi," ucapnya.

Salah satu bantuan yang diberikan Jokowi yakni pengembangan Universitas NU di Yogyakarta. Mulai dari, bantuan gedung dan menghubungkan dengan Presiden Muhammad bin Zayed dari Uni Emirat Arab.

"Itu semuanya adalah bantuan pribadi Pak Jokowi. Dan juga selama ini ada banyak sekali yang disediakan, bukan hanya Pak Jokowi pribadi, tapi juga oleh pemerintah di bawah kepemimpinan beliau selama ini. Ada kerja sama dan bantuan-bantuan yang cukup besar untuk NU," pungkas Yahya.

  

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) periode 2021-2026.

    Gus Yahya

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PKB

  • PBNU

  • Cak Imin