Sukses

Cak Imin Sambangi Kediaman Wapres Ma'ruf Amin, Ada Apa?

Cak Imin datang sekitar pukul 16.15 WIB dan menyatakan kedatangannya untuk mengundang Ma’ruf ke Muktamar PKB yang akan digelar 24-25 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kisruh PKB-PBNU, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendatangi kediaman Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Cak Imin datang sekitar pukul 16.15 WIB dan menyatakan kedatangannya untuk mengundang Ma’ruf ke Muktamar PKB yang akan digelar 24-25 Agustus.

“Undang muktamar PKB,” kata Cak Imin di Kediaman dinas Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2024).

Cak Imin menyebut tak akan membahas soal konflik dengan PBNU. “Ga ada urusannya. Tapi PBNU saya minta taat konstitusi. Jangan mengaku warga baik kalau gak taat konstitusi. Gak ada itu namanya rumah tangga campur aduk. Ormas-ormas, parpol-parpol,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Maruf Amin angkat bicara soal polemik antara PKB-PBNU yang belakangan memanas.

Ma’ruf menyatakan dirinya adalah Ketua Tim Lima pembentukan PKB. Ia menjelaskan bahwa hubungan kedua lembaga itu adalah hubungan kultural, bukan struktural.

“Saya Ketua Dewan Syuro pertama PKB sebelum Gus Dur juga saya. Jadi sebenarnya hubungan PBNU dengan PKB itu ya hubungannya itu hubungan aspiratif, hubungan kultural, dan hubungan historis, tidak ada hubungan struktural,” kata Ma’ruf di sela kunjungannya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/8/2024).

Ma’ruf mengingatkan seharusnya kedua lembaga tidak boleh saling intervensi. “Jadi hanya PKB tuh membawakan aspirasi bagi NU di dalam berpolitik, jadi tidak saling mengintervensi ya, jadi dia memiliki independensi,” kata dia.

Bahkan, lanjut Ma’ruf, tak seherusnya kedua lembaga itu saling bekerjasama dan menolong, bukannya berkonflik.

“Sebaiknya memang tidak terjadi konflik ya. Sebenarnya seharusnya bekerja sama baik, dan saling dengan tugas masing masing. PBNU tetap pada isu pembangunan keumatan, nah PKB pada politik,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta PBNU Fokus ke Umat

Ma’ruf meminta PBNU fokus pada tugasnya ke umat, dan PKB ke politik, sehingga tidak saling bersinggungan

“Sepertinya memang tidak harus kan tidak sambung ini tugasnya ini, ini tugasnya ini, seharusnya. Jadi kalau terjadi konflik itu memang agak aneh juga. Karena memang tugasnya beda, nah itu kita harapkan udahlah jangan sampai terjadi lagi lah, masing-masing berada di jalurnya,” kata dia

"Iya fokus pada masing-masing tugasnya, sehingga tidak terjadi konflik. Jangan kesini. Konflik itu kalau satu masuk kesini atau yang satu masuk ke sini, jangan saling masuk, itu harapan saya semoga berjalan denhan baik dan membawa barangkali itu harapan saya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini